PENGARUH VARIABEL PENINGKATAN PRODUKTIVITAS, PENGUASAAN TEKNOLOGI BARU DAN PELATIHAN TERHADAP PENGENDALIAN MUTU TERPADU KARYAWAN PADA INDUSTRI TEKSTIL DAN GARMEN DI SURAKARTA

Ahmad Darmawi (AK-Tekstil Surakarta), Darsono Darsono, Drajat T Kartono, Sapja Anantayu (Universitas Sebelas Maret)

Abstract


Pengendalian Mutu Terpadu membutuhkan partisipasi dari semua divisi dalam perusahaan, seperti divisi pemasaran,disain, pabrikasi. Pemeriksaan laboratorium. Sebagai sebuah proses yang terintegrasi dengan berfokus pada pelanggan dan penerima manfaat, namun secara bersamaan mempunyai tujuan untuk melindungi dan meningkatkan kepuasan semua pemangku kepentingan. Pengembangan karyawan memang membutuhkan biaya cukup besar, tetapi biaya ini merupakan investasi jangka panjang bagi perusahaan di bidang personalia. Karena karyawan yang cakap dan trampil akan dapat bekerja lebih efisien, efektif, pemborosan bahan baku, dan ausnya mesin berkurang, hasil kerjanya lebih baik maka daya saing perusahaan akan semakin besar. Tujuan dari penelitian ini adalah (a) mengetahui Tingkat Produktivitas Karyawan (TPK), (b) Pelatihan Karyawan (PK) dan (c) Pengembangan Teknologi Terbaru (PTT) apakah berpengaruh positif terhadap Pengendalian Mutu Terpadu Karyawan (PMTK). Penelitian ini menggunakan metode penelitian Survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan Tingkat Produktivitas Karyawan berpengaruh positif terhadap Pengendalian Mutu Terpadu Karyawan dengan koefisien standarized 0,072. Pelatihan Karyawan berpengaruh positif terhadap Pengendalian Mutu Terpadu Karyawan dengan koefisien standarized 0,164. Pengembangan Teknologi Terbaru berpengaruh positif terhadap Pengendalian Mutu Terpadu Karyawan dengan koefisien standarized 0,114.


Keywords


Produktivitas , Pelatihan, Pengembangan Teknologi, Pengendalian Mutu Terpadu

Full Text:

PDF
Abstract views : 0 | PDF views : 0

References


Anggraeni, E. A., Herlambang, T., & Nursaidah. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja, Kompensasi Finansial Dan Kompensasi Non Finansial Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Perusahaan Bintang Mulia Hotel & Resto Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 2(1), 1–15.

Budi, A., Paramita, P., & Wulan, H. (2016). Terhadap Komitmen Karyawan Yang Berdampak Pada Produktivitas Kerja ( Studi Kasus Karyawan Di Cv . Tirta. Journal Of Management, 2(2).

Linarwati, M., Fathoni, A., & Minarsih, M. (2016). Tudi Deskriptif Pelatihan Dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview Dalam Merekrut Karyawan Baru Di Bank Mega Cabang Kudus. Journal Of Management, 2(2).

Prasetyo, E. (2016). Dampak Kebijakan Peningkatan Techno-Economy Pada Industri Tekstil Sebagai Upaya Peningkatan Produktivitas Dan Daya Saing Bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank (Sendi_U) Ke-2 Tahun 2016 Kajian Multi Disiplin Ilmu Dalam Pengembangan Ipteks Untuk Mewujudkan Pembangunan Nasional Semesta Berencan (Pnsb) Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Gl (Pp. 820–828). Semarang.

Puspandoyo, T., Rohmawati, I., & Wisiastuti, I. (2016). Total Quality Management Pada Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan ( Uptkp ) Kabupaten Sragen. Aktual, 2(1), 34–42.

Rahmana, A., Kamil, M., & Sukaya, Y. (2016). Efektivitas Model Pelatihan Berbasis Simulasi Dalam Meningkatkan Kompetensi Manajemen Proyek Karyawan Industri Manufaktur. In Seminar Nasional Ienaco (Pp. 301–308).

Samudi. (1994). Konsep Mutu Dalam Iso-9000 Dan. Economic Journal Of Emerging Markets, 5, 40–46.

Ulum, I. (2009). Batik Dan Kontribusinya Terhadap Pereonomian Nasional. Jurnal Bestari Universitas Muhamadiyah Malang, 42(1), 21–32.

Yusmina, E., Murniati, & Niswanto. (2014). Dalam Peningkatan Kinerja Sekolah Pada Smk Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 4(2), 168–178.

Santoso, Singgih. (2007). Structural Equation Modelling: Konsep dan Aplikasi Dengan AMOS. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Bahri, Syamsul & Zamzam, Fahkry. (2014). Model Penelitian Kuantitatif Berbasis SEM-Amos. Deepublish: Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30988/jmil.v2i1.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Manajemen Industri dan Logistik

 
 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Industri dan Logistik Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 
View My Stats