DAMPAK KINERJA BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KULIAH CALON MAHASISWA POLITEKNIK X CIMAHI

Suharyanto Suharyanto (Universitas Kebangsaan)

Abstract


Jasa penyelenggaraan pendidikan tinggi saat ini menjadi kegiatan yang menuntut usaha keras dalam meraih mahasiswa baru. Banyaknya lulusan sekolah menengah tingkat atas (SMA/SMK) yang berniat melanjutkan studi menjadi peluang yang baik. Untuk menangkap peluang tersebut, institusi perguruan tinggi harus bersaing ketat dengan perguruan tinggi lain, dengan menerapkan bauran pemasaran yang tepat. Artikel ini merupakan hasil penelitian tentang kinerja bauran pemasaran serta dampaknya terhadap keputusan kuliah calon mahasiswa Politeknik X Cimahi. Populasi dalam penelitian ini adalah calon mahasiswa pendaftar tahun 2017. Sampel diambil secara acak sederhana sebanyak 50 calon. Analisis hubungan variabel kinerja bauran pemasaran  terhadap keputusan kuliah menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran memberikan dampak cukup signifikan 61,4% terhadap keputusan kuliah, dan 38,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Model regresi yang terbentuk adalah Y= 0,690X+1,248.


Keywords


communication, marketing communication, student decision; komunikasi, pemasaran,komunikasi pemasaran, keputusan kuliah

Full Text:

PDF
Abstract views : 0 | PDF views : 0

References


Aczel, Amir D. and Sounderpandian, J.,(2009). “Complete Business Statistics”.Mc Graw Hill Int’l, 7 ed.: New York.

Andreasen, A.R., Kottler, P., (2008). “Strategic Marketing for Non Profit Organization”, New Jersey: Pearson Int’l,7thed.

Baker, Michael J. ed. .(2003). The Marketing Book. Fifth ed. Butterworth Heinmann. Oxford GB

Cooper, Donald. R., Schindler, P.S., (2008).“Business Research Methods”, New York: Mc. Graw Hill Int’l, 10thed.

Fill, Chris and Jamieson,Barbara. (2014). Marketing Communications, School Heriot-Watt University Edinburgh, United Kingdom.

Darmawansyah, Surya et all. (2014). Strategi Promosi dalam Meningkatkan jumlah mahasiswa Polimedia Kreatif Makassar.Jurnal Komunikasi KAREBA Vol. 3, No. 4 Oktober – Desember 2014.Hal.256-263.

Kalsum, Eka Umi, (2008). Analisis Pengaruh Strategi Bauan Pemasaran terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Fakultas Ekonomi Univ. Al-Azhar Medan. Tesis, Universitas Sumatera Utara.

Kayode,Olujimi, (2014). “MarketingCommunications”.Bookboon ebook publisher.

Kotler,P. (2003), “Marketing Management”, 11th ed., Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall/Pearson.

Kottler, Philip., Keller, Kevin L., (2009).“Marketing Management”, New Jersey: Pearson Educ., Int’l Edition, 13th ed.,

Kurniawan, A., (2014). “Metode Riset untuk Ekonomi danBisnis”, Bandung: Penerbit Alfabeta.

Lovelock, C. and Weird, Jochen, (2004).“Services Marketing”, 5 ed.,New Jersey: Pearson Int’l

Muhyidin, Ujang. (2010). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Barat.Prosiding Seminar NasionalKajian Multi Disiplin Ilmu untuk Mewujudkan Poros Maritim dalam Pembangunan Ekonomi Berbasis Kesejahteraan Rakyat.ISBN: 978-979-3649-81-8.

Schiffman,LG. and Kanuk, L.L., (2007).“Consumer Behavior”,9th ed. NewJersey: Pearson Int’l.

Sugiyono, (2009).“Statistik untuk Penelitian”, cetakan ke-15.Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suharyanto, (2011).Pengaruh Komunikasi Pemasaran Promosional dan Non-promosional terhadap Proses Pengambilan Keputusan Kuliah Calon Mahasiswa Akper Al-Ikhlas Bogor, Tesis MM Unpad Bandung.

Sukendar, Markus Utomo, (2015). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Program D-3 Kamunikasi Berbasis Multimedia Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal IKON Prodi D3 KomunikasiMassa – Politeknik Indonusa Surakarta Vol. 1 No. 2 Desember 2015, halm. 18-27.

Undang-undang RI No. 20 tahun 2003tentang “Sistem Pendidikan Nasional”, Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Wahyuni, Alida. 2012. Kajian Bauran Promosi di Perguruan Tinggi X. Jurnal Liquidity Vol 1 No.2. Jul-Des 2012.Halm.175-182.

Zeithaml, Valarie, A., Bitner, Marie Jo., Gremler, Dwayne D.,(2006). “Services Marketing, Integrating Customer Focus Across the Firm”,4thed. New York: Mc Graw Hill Int’l.




DOI: http://dx.doi.org/10.30988/jmil.v2i1.61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Manajemen Industri dan Logistik

 
 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


ISSN 2622-528X (Print) and ISSN 2598-5795 (Online)

CORRESPONDENCE :

Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM)
Politeknik APP Jakarta
Kementerian Perindustrian
M. Tirtana Siregar
Telp. : 021-7867382/83
HP/WA : 082125910310
email : uppm.politeknikapp@gmail.com