ANALISIS RANTAI NILAI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA DISTRO SCREAMOUS

merita bernik, Tamara Nur WUlan Gunawan (Universitas Padjadjaran)

Abstract


Era perdagangan bebas saat ini memacu persaingan yang ketat antara perusahaan yang menyediakan jasa atau produk yang berkualitas tinggi dengan harga yang bersaing, dan dapat memberikan nilai yang lebih pada konsumen. Distro Screamous adalah perusahaan ritel yang bergerak di bidang industri pakaian. Untuk mendapatkan nilai yang lebih Distro Screamous harus memiliki keunggulan kompetitif, salah satunya dengan menganalisis rantai nilai pada Distro Screamous. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu metode penelitian dengan cara mengumpulkan data yang menggambarkan secara sistematis dan akurat mengenai pelaksanaan rantai nilai pada Distro Screamous. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk data primer dilakukan dengan wawancara, observasi dan kuesioner. Penyebaran kuesioner menggunakan metode non probability sampling. Pelaksanaan rantai nilai pada Distro Screamous sudah baik dengan memiliki nilai rata-rata sebesar 4,18. Akan tetapi, ada beberapa dalam pelaksanaan rantai nilai yang masih ada di bawah rata-rata yaitu diantaranya: Infrastruktur Perusahaan, Sumber Daya Manusia dan Operasi. Dalam pelaksanaan rantai nilai Distro Screamous memiliki beberapa kendala yang harus dihadapi sehingga Distro Screamous melakukan upaya untuk meningkatkan pelaksanaan rantai nilai.

 


Keywords


Rantai Nilai, Penjualan, Peningkatan Penjualan

Full Text:

PDF
Abstract views : 0 | PDF views : 0

References


Dagmar Recklies. (2001). Recklies Management Project GmbH. Germany: Dagmar Recklies.

Dijk, M. v., & Trienekens, J. (2011). Global Value Chain: Linking Local Producers from Developing Countries to International Markets. Amsterdam: Amsterdam University Press.

Ellitan. (2008). Supply Chain Teori dan Aplikasi. Bandung : CV. Alfabet

Kalpinsky, R., & Morris, M. (2000). A Handbook For Value Chain Research. International Development Research Centre, 4.

O'Brien, J. A., & Maracas, G. M. (2011). Management Information Systems. New York: McGraw-Hill/Irwin.

Pearce, J., & Robinson, R. (2011). Strategic Management: Formulation, Implementation, and Control (12th ed.). New York: McGraw-Hill.

Porter, M. (2008). Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. New York: The Free Press.

McCormack. (2004). Linking SCOR Planning. Practices to Supply Chain Performances : an Exploraty Study, International Journal of Operation & Production Management

Mintzberg, H. (1986), Patterns in strategy formation. Management Science, 24(9), 934-948.

Reyes, H. G., & Giachetti, R. (2010). Using experts to develop a supply chain maturity model in Mexico. Supply Chain Management: An

International Journal, 415-424.




DOI: http://dx.doi.org/10.30988/jmil.v2i1.79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL MANAJEMEN INDUSTRI DAN LOGISTIK

 
 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Industri dan Logistik Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 
View My Stats