PENENTUAN RUTE KENDARAAN PADA SISTEM DISTRIBUSI LOGISTIK PASCA BENCANA (STUDI KASUS)

andriansyah andriansyah, Prima Denny Sentia (Universitas Syiah Kuala)

Abstract


Indikator keberhasilan dari penenggulangan bencana dapat dilihat dari sistem logistik bencana. Salah satu cara untuk merancang sistem logistik bencana yang baik adalah dengan membuat jaringan distribusi yang efektif dan efisien. Permasalahan yang sesuai dengan perancangan jaringan ini adalah vehicle routing problem. Fungsi tujuan dari permasalahan adalah penentuan rute optimal untuk mendistribusikan bantuan dari gudang ke para korban dengan durasi waktu yang minimum. Metode pemecahan untuk menyelesaikan permasalahan menggunakan algoritma branch and bound, insertion heuristic, dan local search. Hasil yang didapatkan dengan algoritma branch and bound dan algoritma local search bersifat optimal global yaitu dengan waktu tempuh 1,0562 jam. Namun waktu komputasi menggunakan algoritma branch and bound sangat lama hingga 22 jam sedangkan algoritma local search hanya membutuhkan waktu 60 detik. Algoritma insertion heuristic juga menghasilkan solusi dengan waktu tempuh 1,1030 jam. Solusi ini bersifat optimal lokal, namun waktu komputasinya sangat singkat yaitu hanya 0,001 detik. 


Keywords


Bencana, Vehicle Routing Problem, Branch and Bound, Insertion Heuristic, Local Search

Full Text:

PDF
Abstract views : 0 | PDF views : 0

References


Bintaro, A.G (2012). Pengembangan logistik bencana: Pembelajaran dari Penanganan Bencana Erupsi Merapi. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri 2012. Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti. Jakarta.

Haghani, Ali dan Afshar, Abbas M. (2009). Supply Chain Managementi in Disaster Response. Departement of Civil & Environmental Engineering University of Maryland.

Pujawan, I. N., Kurniati, N. dan Wessiani, N. A. (2009). Supply Chain Management for Disaster Relief Operation: Principles and Case Studies. International Journal of Logistics System and Management, Vol X.

Thomas, A. S. dan Kopczak, L. R. (2005). From Logistic to Supply Chain Management: The Path Forward in The Humanitarian Sector. Fritlz Institute.

Toth, P., & Vigo, D. (2014). Vehicle Routing Problem, Methods, and Application (2nd ed.). Philadelphia: Society for Industrial and Applied Mathematics Philadelphia (SIAM).

Mahendra, M. Y., 2015, Optimasi Rute Distribusi Bantuan Logistik Korban Bencana Merapi SeDaerah Istimewa Yogyakarta, Skripsi, Departemen Teknik Mesin dan Industri, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Situmorang, F. A., 2014, Identifikasi Daftar Kebutuhan pada Korban Bencana Alam Gunung Meletus dan Gempa Bumi, Skripsi, Departemen Teknik Mesin dan Industri, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Ozdamar, L., Ekinci, E., dan Kucukyazici, B., 2004, Emergency Logistic Planning in NaturalDisasters, Annals of Operations Research, 129, pp. 217-245.

Suprayogi dan Priyandari, Y. (2009). Vehicle Routing Problem with Multiple Trips, Time Windows, And Simultaneous Delivery and Pickup Services, Proceedings of Asia Pacific Conference on Industrial Engineering and Management, Kitakyushu, Japan, 1543-1552.

Suprayogi, Priyandari, Y. (2007) Teknik penyisipan sekuensial untuk penentuan rute kendaraan, dengan karakteristik banyak trip, jendela waktu dan pengantaran-pengambilan simultan, Jurnal Teknik dan Manajemen Industri, 27 (3), 103-124.




DOI: http://dx.doi.org/10.30988/jmil.v2i1.98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL MANAJEMEN INDUSTRI DAN LOGISTIK

 
 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Industri dan Logistik Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 
View My Stats