PENGARUH PENERAPAN SISTEM INAPORTNET DAN KUALITAS PELAYANAN KAPAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR OTORITAS PELABUHAN UTAMA TANJUNG PRIOK JAKARTA

Agung Kwartama(1*), Lie Adek(2), Sumiyatiningsih Sumiyatiningsih(3), Teguh Pinuji(4),


(1) Program Studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan, Akademi Maritim Nasional JAYA, Jakarta
(2) Program Studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan, Akademi Maritim Nasional JAYA, Jakarta
(3) Program Studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan, Akademi Maritim Nasional JAYA, Jakarta
(4) Program Studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan, Akademi Maritim Nasional JAYA, Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Otoritas Pelabuhan utama Tanjung Priok (OP) adalah unit pelaksana teknis serta koordinator tertinggi di pelabuhan, memiliki peran penting terhadap percepatan aktivitas di pelabuhan. Otoritas Pelabuhan berada di lingkungan Kementerian Perhubungan serta bertanggung jawab kepada Direktur Jendral Perhubungan laut. Fungsi dari Otoritas Pelabuhan tadi meliputi pengaturan, pengendalian serta pengawasan kegiatan kepelabuhanan. untuk bisa mengintegerasikan layanan sistem di pelabuhan, maka Kementerian Perhubungan menerapkan suatu sistem yaitu sistem Inaportnet. Inaportnet merupakan sistem layanan secara elektronik berbasis internet untuk mengintegerasikan sistem informasi kepelabuhanan yang standar dalam melayani kapal secara fisik dari seluruh instansi serta pemangku kepetingan di pelabuhan. Inaportnet menjadi solusi terdepan terhadap layanan pada pelabuhan, dimana percepatan pertukaran data antar pemangku kepentingan di pelabuhan dapat di lakukan secara cepat, demi meminimalisasi waktu serta berdampak pada pecepatan pelayanan kapal pada pelabuhan. Kinerja pegawai di kantor Otoritas Pelabuhan utama adalah tindakan nyata dalam melaksanakan pekerjaan yang sudah di berikan oleh instansi pemerintah. Setiap instansi pemerintah selalu mengharapkan pegawainya mempunyai prestasi kerja yang nantinya akan memberikan sumbangan yang optimal bagi instansi pemerintah. Selain memberikan sumbangan yang optimal, maka akan meningkatkan kinerja dari instansi pemerintah. Secara garis besar kelangsungan suatu instansi pemerintah dipengaruhi dari kinerja pegawainya. Kinerja pegawai memiliki peran yang sangat penting di dalam menjalankan organisasi. Kinerja pegawai di tuntut untuk bekerja secara sungguh-sungguh dengan kemampuan yang dimilikinya untuk mencapai hasil kerja yang baik

 

Kata kunci : Inaportnet, kualitas Pelayanan, Kinerja Karyawan dan Pelabuhan

 

ABSTRACT

 

The main Tanjung Priok Port Authority (OP) is the technical implementing unit as well as the highest coordinator at the port, having an important role in accelerating activities at the port. The Port Authority is within the Ministry of Transportation and is responsible to the Director General of Sea Transportation. The functions of the Port Authority include regulating, controlling and supervising port activities. To be able to integrate system services at ports, the Ministry of Transportation applies a system, namely the Inaportnet system. Inaportnet is an internet-based electronic service system to integrate standard port information systems in physically serving ships from all agencies and stakeholders at the port. Inaportnet is the leading solution for port services, where the acceleration of data exchange between stakeholders at the port can be done quickly, in order to minimize time and have an impact on speeding up ship services at the port. The performance of employees at the main Port Authority office is a concrete action in carrying out the work that has been given by government agencies. Every government agency always expects its employees to have work performance which will later provide optimal contributions to government agencies. In addition to providing an optimal contribution, it will improve the performance of government agencies. Broadly speaking, the continuity of a government agency is influenced by the performance of its employees. Employee performance has a very important role in running the organization. Employee performance is required to work seriously with their abilities to achieve good work results. Keyword : Inaportnet, Service Quality, Employee Performance and Port.

Full Text:

PDF

References


Anwar. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.

Bambang Triatmodjo, 2016, Optimalisasi Kinerja Terminal Peti Kemas Pelabuhan Pontianak, http://etd.repository.ugm.ac.id

Hasibuan, Malayu SP. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.

Lasse, David A. 2014. Manajemen Kepelabuhanan. PT Rajarafindo Persada.

Lasse, David A. 2018. Shipping Research Method. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Mangkunegara. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moenir. 2014. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendikan, (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan R&D). Bandung: alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2013. Prosedur Pendekatan Suatau Pendekatan Praktik. Semarang: Rineka Cipta.

Yusuf Romadhon, 2018 Optimalisasi Pelabuhan Tanjung Priok Menuju Pelabuhan Berkelas Dunia, https://ojs.stiami.ac.id

Tjiptono. 2016. Service, Quality Dan Satisfactiom. Edisi keem.


Abstract : 10 views. PDF : 6 views.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Index :