PENGUJIAN VARIABEL ANTESEDEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SANITARI
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan sektor properti di Indonesia memberi harapan besar bagi industri perlengkapan kamar mandi dan dapur. Banyaknya proyek hunian yang dibangun setiap tahunnya menjadi peluang bisnis yang menggiurkan bagi industri sanitary. Produk sanitary yang modern dan nyaman sangat diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga tuntutan permintaan akan sebuah produk barang yang semakin berkualitas membuat perusahaan meningkatkan kualitas produk dan citra merek. Merek dari Produk PT. XYZ merupakan sebuah merek produk sanitari ternama di Indonesia yang menjadi salah satu pelopor kualitas dalam memproduksi barang-barang terhadap kebutuhan rumah tangga terutama untuk perlengkapan mandi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dari produk sanitari ini. Penelitian ini dilakukan di Jakarta dengan pengumpulan data kuesioner, cross-sectional time horizon, melalui purposive sampling technique, serta analisis regresi linear berganda dengan menggunakan pengolahan aplikasi SPSS. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 142 responden dimana responden yang telah dan pernah membeli produk dari PT XYZ Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa usaha terdiri dari variabel Kesadaran Merek dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk sanitari dari Produk PT. XYZ, tetapi usaha pemasaran Citra Merek kurang berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk sanitari PT.XYZ.
Kata kunci: Citra Merek, Kesadaran Merek, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian
ABSTRACT
The development of the property sector in Indonesia gives great hope to the bathroom and kitchen equipment industry. The large number of residential projects built this year have become lucrative business opportunities for the sanitary industry. Sanitary products that are modern and comfortable are in great demand and needed by the public, so that the demand for a higher quality product makes the company improve product quality and brand image. Brand of PT. XYZ is a well-known brand of sanitary products in Indonesia which is one of the pioneers of quality in producing goods for household needs, especially for toiletries. This study aims to determine whether there is influence of Brand Image, Brand Awareness and Product Quality on Purchasing Decisions of this sanitary product. This research was conducted in Jakarta by collecting questionnaire data, cross-sectional time horizon, through purposive sampling technique, and multiple linear regression analysis using SPSS application processing. The number of samples used in this study were 142 respondents where respondents had and had purchased products from PT XYZ. Based on the results of the study, it was found that the business consisted of variables Brand Awareness and Product Quality had a positive and significant effect on the decision to purchase sanitary products from PT. XYZ, but Brand Image marketing efforts have no significant effect on purchasing decisions of PT. XYZ sanitary products.
Keywords: Brand Image, Brand Awareness, Product Quality and Purchase Decision
References
Wijaya, A. L., & Pancawati, E. L. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Profitabilitas terhadap NIlai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Pada Perusahaan Food and Beverage Tahun 2013-2017). INVENTORY : Jurnal Akuntansi, 3(2).
Chorunisa, S. (2018). PENGARUH CITRA MEREK DAN KESADARAN MEREK PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MEDIA SOSIAL PADA KOSMETIK WARDAH (Studi pada Qween Cosmetics And Perfumes Wonosobo). Thesis. Management Major, Fakulty of Economics, Semarang States University.
Pandey, R., Reddy, L. S., Chaudary, V., Widyawati, V. T., Sin, L. G., bin Mohd Ghazali, M. K. A., Kee, D. M. H., bin Ibrahim, M. F., bin Ahmad Fadzeil, M. Z., & Binti Mohamed, N. A. (2021). Analysis the Effect of Product Quality and Price on Purchase Decision (Case Study of Adidas India, Indonesia, and Malaysia). International Journal of Accounting & Finance in Asia Pasific, 4(1). https://doi.org/10.32535/ijafap.v4i1.1034
Nurjannah, F. A., & Firmansyah, E. A. (2018). CITRA MEREK SERTA KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CAFE WARUNK UPNORMAL. JURNAL DIMENSI, 7(1). https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1632
Afif, Z., & Martini, E. (2018). ANALISIS PENGARUH KESADARAN MEREK, CITRA MEREK DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA COTTAGE DAARUL JANNAH BANDUNG. Image: Jurnal Riset Manajemen, 7(2). https://doi.org/10.17509/image.v7i2.23141
Deviyanti, D., & Husda, N. E. (2018). EFFECT OF LOCATION AND PRODUCT QUALITY ON PURCHASE DECISION OF REXVIN HOUSING BATAM. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 6(2). https://doi.org/10.31846/jae.v6i2.76
Ngakan Putu Surya Adi Dharma (2015) PENGARUH CITRA MEREK, KESADARAN MEREK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK APPLE, Vol.4 , No.10, 2015: 3228 - 3255 ISSN : 2302 – 8912, ISSN : 2302 – 8912
Yayan (2017) PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA AVANZA PADA AUTO 2000 CABANG ASIA AFRIKA BANDUNG, STIE Muhammadiyah Bdg, https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/57
Iis Miati, Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar) JURNAL ABIWARA Vol. 1, No. 2, Maret 2020, pp. 71-83, JURNAL ABIWARA Vol. 1, No. 2, ISSN 2686-1577