OPTIMALISASI PELAYANAN DOKUMEN KAPAL TERHADAP PROSES CLEARENCE KAPAL DI PT ALIQA REZEKY SAMUDRA CABANG SAMARINDA
Abstract
ABSTRAK
Pasar Internasional dibutuhkan suatu pelayanan sarana dan prasarana yang baik dan memadai sebagai penunjang kelancaran kegiatan pelayaran. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan survey lapangan . Untuk memenuhi keadaan tersebut maka yang harus diperhatikan adalah pelayanan jasa, pemasaran, serta koordinasi kapal dengan perusahaan pelayaran atau agen yang ditunjuk pada saat sebelum kapal melakukan proses sandar di dermaga, bongkar muat, sampai kapal belayar ke pelabuhan tujuan berikutnya. PT. Aliqa Rezeky Samudra cabang Samarinda mempunyai karyawan operasional yang memiliki peran penting yang juga merupakan salah satu ujung tombak bagi perusahaan dalam mendapatkan keuntungan di dalam usahanya. Koordinasi dan komunikasi merupakan hal penting dalam suatu pekerjaan, Belum optimalnya proses penerbitan dokumen oleh PT Aliqa Rezeky Samudra, maka penulis menyimpulkan belum optimalnya pengurusan dokumen kapal sehingga menyebabkan keterlambatan.
Kata kunci : Pelayanan, Dokumen, Clearance dan Kapal.
ABSTRACT
The international market requires a good and adequate service of facilities and infrastructure to support the smooth running of shipping activities. This study uses descriptive analysis methods and field surveys. To meet these conditions, what must be considered is service, marketing, and coordination of ships with shipping companies or appointed agents before the ship carries out the process of docking at the wharf, loading and unloading, until the ship sails to the next port of destination. PT. The Samarinda branch of Aliqa Rezeky Samudra has operational employees who have an important role which is also one of the spearheads for the company in gaining profits in its business. Coordination and communication are important things in a job. PT Aliqa Rezeky Samudra's process of issuing documents has not been optimal, so the authors conclude that the processing of ship documents has not been optimal, causing delays.
Keywords: Services, Documents, Clearance and Ships.
References
Ali, Muhammad. 2014. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Ali, Muhammad. 2014. Analisis Optimalisasi Pelayanan Konsumen Berdasarkan Teori Antrian pada Kaltimgps.Com di Samarinda. Ejournal Ilmu Administrasi Bisnis.
Capt. R. P. Suyono, M.Mar. 2007. Shipping Pengangkutan Intermodal Ekspor Impor Melalui Laut Edisi IV. Jakarta.
Gronroos, Christian. 2001. Service Management and Marketing. Toronto: Lexington Books.
Haris Herdiansyah. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Salemba Munanika. Jakarta.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.
Peraturan Menteri Perhubungan Pasal 219 ayat (1) Undang Undang Nomor 17 Tahun 2018 tentang Pelayaran.
Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 82 Tahun 2014 tentang Tata Cara Penerbitan Surat Persetujuan Berlayar.
Peraturan Menteri Perhubungan tentang Tata Cara Penerbitan Surat Ijin Berlayar (Port Clearance.
Peraturan Mentri Perhubungan Nomor: KM. 01 Tahun 2010 tentang Tata Cara Penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (Port Clearance).
Pratama, Andri Rizki. 2013. Optimalisasi Keselamatan Crew Kapal dalam Proses Kerja Jangkar di AHTS Amber. Semarang: Politeknik Ilmu Pelayaran.
Riyanto, Y. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Yin, Robert K. 2013. Studi Kasus: Desain dan Metode. Ed. 1. Penerjemah Djauzi Mudzakir. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.