PENGARUH IKLAN GOOGLE ADS TERHADAP BRAND AWARENESS PADA PT. JASA TITIPAN EKPRES JAKARTA

Faisal H Batubara(1*), chairul hadi(2), Yudani Gambiro(3),


(1) Politeknik APP Jakarta
(2) Politeknik APP Jakarta
(3) Politeknik APP Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRACT

This study aims to determine the application of Google Ads at PT. Jasa Titipan Ekspres and to find out whether there is an effect of Google Ads advertising on Brand Awareness at PT. Jasa Titipan Ekspres. The analysis used is descriptive quantitative analysis with a sample of 50 respondents with purposive sampling technique with criteria, is a customer of PT. Jasa Titipan Ekspres and have seen google ads. The analysis technique used is validity test, reliability test, simple regression analysis, correlation coefficient test, coefficient of determination test, and T test. the brand awareness variable of 0.639 means that every one increase in the value of Google Ads Ads will be followed by 0.639 the value of Brand Awareness. Then based on the correlation coefficient test, it is known that the R value of 0.521 means that Google Ads Ads (X) has a 'medium' relationship to Brand Awareness (Y) at PT. Jasa Titipan Ekspres. Then based on the coefficient of determination R2 the independent variable (Google Ads) has an influence on the dependent variable (Brand Awareness) of 27.1% while the rest is influenced by other variables and based on the T test it can be concluded that t count > t table (4.224 > 1.299) which means that there is a significant influence between Google Ads Ads on Brand Awareness of PT. Jasa Titipan Ekspres and there is a close influence between Google Ads Ads on Brand Awareness of PT. Jasa Titipan Ekspres.

Keywords: Google Ads Advertising, Brand Awareness, PT. Express Delivery Service

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Google Ads di PT. Jasa Titipan Ekpres dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh iklan Google Ads terhadap Brand Awareness pada PT. Jasa Titipan Ekpres. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan sampel 50 responden dengan teknik purposive sampling  dengan kriteria, merupakan customer PT. Jasa Titipan Ekpres dan pernah melihat iklan google ads. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi sederhana, uji koefisien korelasi, uji koefisiensi determinasi, dan uji T. Berdasarkan analisis data yang telah diperoleh, berdasarkan uji regresi sederhana diperoleh hasil Y= 190,165+ 0,639X yang artinya koefisiensi regresi variabel brand awareness sebesar 0,639 artinya setiap peningkatan satu nilai Iklan Google Ads akan diikuti oleh 0,639 nilai Brand Awareness. Lalu berdasarkan uji koefisiensi korelasi diketahui bahwa nilai R sebesar 0,521 artinya Iklan Google Ads (X) memiliki hubungan ‘sedang’ terhadap Brand Awareness (Y) pada PT. Jasa Titipan Ekpres. Lalu berdasarkan uji koefisiensi determinasi R2 variabel independen (Iklan Google Ads) memiliki pengaruh terhadap variabel dependen (Brand Awareness).

Kata Kunci : Iklan Google Ads, Brand Awareness, PT. Jasa Titipan Ekspres


Full Text:

PDF

References


Alfaruq, Alam Nursalam. 2020. Pengaruh Instagram Ads (Advertising) Dalam Membangun Brand Awareness Clothing Line HEBE.

Amalia, Dina. 2018. “4 Manfaat Jasa Pengiriman Barang Untuk Toko Online”, https://blog.jejualan.com/4-manfaat-jasa-pengiriman-barang-untuk-toko- online/ (diakses pada 15/04/2022 13.42)

Arlin, Deni vavi,. & Imantoro, Jati. Pengaruh Kewajaran Harga dan Perkembangan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Vixion pada Dealer Lautan Teduh di Purbolinggo. Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI. Vol. 1. No. 2. Tahun 2021. Page 105.

Dreambox. 20xx. “5 Manfaat Google Ads untuk Marketing Bisnis Anda ”https://www.dreambox.id/blog/digital-marketing/5-manfaat- google-ads-untuk-marketing-bisnis-anda/(diakses pada 22/04/2022 11.48)

Faridl, miftah dkk. Rancang Bangun Sistem Administrasi Pengiriman Barang Berbasis Web Di Pt. Graha Prima, JSIKA. Vol. 5, No. 12, Tahun 2016, Page 1.

Fawaid, akh. Pengaruh Digital Marketing System, Terhadap Daya Saing Penjualan Susu Kambing Etawa. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah. Vol. 4 No. 1. Tahun 2017. Page 108

Gityandraputra, Dimas. 2020. “Memahami Google Ads dan Manfaatnya untuk Mendukung Pemasaran”, https://marketingcraft.getcraft.com/id- articles/memahami-google-ads-dan-manfaatnya (diakses pada 14/04/2022 10.49)

Kontan.co.id. 2022. “Bisnis Logistik dan Ekspedisi Diprediksi Makin Tumbuh Tahun Ini ”https://industri.kontan.co.id/news/bisnis-logistik-dan- ekspedisi-diprediksi-makin-tumbuh-tahun-ini (Diakses pada 19/04/2022 14.23)

Knowledge. 20xx. “Peran Digital Marketing Menurut Para Ahli”, https://redcomm.co.id/knowledges/peran-digital-marketing-menurut- para-ahli?readmore=true (diakses pada 15/04/2022 15.02)

Kurniawan, Dedik. 2020. Step by Step Google Ads. Jakarta : Elex Media Komputindo

Kurnyawati, Melynda Dyah dkk. Pengaruh Iklan Terhadap Brand Awareness Dan Dampaknya Terhadap Keputusan

Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 16 No. 1. Tahun 2014

Mamoto, Felisa Windy dkk. Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (4p) Terhadap Keputusan Pembelian Pada

Nugroho, Andy. 2019. “ Mengenal Brand Awareness dan Cara Meningkatkannya”, https://qwords.com/blog/brand-awareness/ (diakses pada 15/04/2022 10.40)

Palmatier, Robert W,. & Sridhar, S. 2017. Marketing Strategy : Based on First Principles and Data Analytics. London, United Kingdom: Macmillan International Higher Education.

Prabowo, Aditya. 2020. Penggunaan Google Ads Sebagai Media Iklan Dalam Membangun Ekuitas Merek Situs Toko Online Memeflorist.Com.

Putri, Vanya Karunia Mulia. 2021. "8 Pengertian Periklanan Menurut Para Ahli", https://www.kompas.com/skola/read/2021/12/15/103000069/8- pengertian-periklanan-menurut-para-ahli?page=all. (diakses pada 15/04.2022 15.09)

Saskara, I Putu Adi. 2021. Buku Ajar Media Periklanan Berbasis Implementasi Tutorial Praktek (Dasar, Penggunaan, dan Pembuatan Iklan). Bali : Swasta Nulus.

Santoso, Erica Delia,. & Larasati, Novia. Benarkah Iklan Online Efektif Untuk Digunakandalampromosi Perusahaan. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia. Volume 13 Number 1. Page 30.

Sari, Syahriah dkk. Analisis Brand Awareness Dan Pengaruhnya Terhadap Buying Decision Mobil Toyota Calya Di Makassar. Journal of Business Administration (JBA), Vol.1, No.1. Tahun 2021. Page 39

Serepina, Monika Gracia. 2020. Analisis Pengaruh Pemasaran Media Sosial,Brand Awareness, Dan Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Indodiner.

Sumeke, Alfa dkk. Analisis Segmentasi Demografi Dan Psikografi Pada Toko Raps Id. Jurnal EMBA. Vol.10 No. 1. Tahun 2022. Page 203.

Sosiakita, Merek. 2020. “Lebih Efektif Digital Marketing Atau Pemasaran Konvensional”, https://sosiakita.com/digital-marketing-atau-konvensional-marketing/ (diakses pada 15/04/2022 14.57)

Ulfa, Difani Ries Nur. 2020. Pengaruh Advertising, Pembentukan Brand Awareness Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Kecap Abc.


Abstract : 3 views. PDF : 0 views.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Index :