PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DAN CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PELINDO III TANJUNG EMAS SEMARANG
Abstract
Dalam pelaksanaan aktivitas di pelabuhan diantaranya yaitu kegiatan bongkar muat yang meliputi stevedoring,cargodoring, receiving atau delivery. Metode survei yang digunakan adalah survei. Unit analisis yang digunakan untuk mengidentifikasi setiap masalah adalah analisis individu, atau pelanggan Pelindo III Cabang Pelabuhan Tanjung Emas. . Sepanjang tahun kedatangan peti kemas di SCT mengalami fluktuasi mengikuti perkembangan perdagangan dalam dan luar negeri. Pelabuhan sebagai salah satu sarana penting yang berperan dalam menfasilitasi transportasi laut, yang berujung pada peningkatan laju pertumbuhan ekonom.
Kata kunci: Kualitas pelayanan, Customer experience management, Kepuasan pelanggan
References
Arikunto, S. (2016) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Armstrong, G. (2010) Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih. BahasaAlexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat
Ballou, Ronald H., (2012), Business Logistics Management, 4th ed., Prentice-Hall, Inc. New Jersey
Bowersox (2012) Supply Chain Logistics Management fouth edition. Singapore: McGraw-Hill Education.
Cravens (2013) Strategic Marketing, Edisi 10, New York: McGraw Hill.
Ferdian Dwidarma, Yusuf Wibisono, Mohamad Zaini, Riza Lestari (2021) .Potential Development Of Port To Reduce Logistic Costs In Industrial Area Of West Java Region GROSTLOG 2021 Global Research on Sustainable Transport & Logistics Research on Sustainable Transport & Logistics ISSN: 2622-5778 (online) Advances in Transportation and Logistics Research
Frinces, Z. Heflin. (2011). Be An Entrepreneur (Jadilah Seorang Wirausaha) Kajian Strategis Pengembangan Kewirausahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ghiani, G., Laporte, G., & Musmanno, R. (2014). Introduction to Logistics Systems Planning and Control. England: John Wiley.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
I Nyoman Gede Danendra Kenaka Yoga Iswara (2019). Strategi PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) dalam Pengembangan Pelabuhan Benoa sebagai Cruise Turn Around Port Business and Finance Journal, Vol ume 4, No. 2, Oc t ober 2019
Kotler dan Amstrong (2016.) Manajemen Pemasaran, Edisi Milinium, Yakarta, PT Prenhanllindo
Kotler dan Keller (2016). Marketing Managemen, 15th Edition,. Pearson Education,Inc.
Kramadibrata (2012), Perencanaan Pelabuhan, Penerbit ITB, Bandung
Mahira, Bunyamin, Muh. Indra Fauzi Ilyas (2020). Analisis Pengaruh Kualitas pelayanan Terhadap Peningkatan Jasa Pengantaran Peti Kemas Pada PT. Pelabuhan Indonesia Iv Di Makassar. MACAKKA. Vol. 01, No.03, September 2020, pp 206-212
Malhotra, (2013) Riset Pemasaran Pendekatan Terapan Jilid 1. Jakarta:PT Index.
Marine Fisheries (2020). Strategi Pengelolaan Pasar Ikan Modern Di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta. P-ISSN 2087-4235 Vol. 11, No. 1, Mei 2020 E-ISSN 2541-659 Hal: 101-110
Marwansyah, (2012) Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Muhardi. 2007. Strategi Operasi: Untuk Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Porter (2013) Competitive Advantage (Keunggulan Bersaing):. Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Kharisma Publishing. Tangerang.
Riduwan & Kuncoro, (2016) Cara Menggunakan dan Memakai. Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung : Alfabeta.
Riduwan (2016), Dasar-dasar Statistika. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Saladin, D. (2015) Manajemen Strategi & Kebijakan Perusahaan, Edisi 5,. Linda Karya, Bandung.
Sastradipoetra, K (2013), Perilaku Konsuman. Bandung : Alfabeta
Sekaran dan Bougie (2013) Research Methods for Business. In A Skill-Building Approach.
Simamora, H (2013) Paduan Perilaku Konsumen, Jakarta: Gramedia.
Simanjuntak, P (2012) Manajemen Evaluasi Kinerja .Edisi 3. Jakarta. Fakutas UI.
Somadi (2019). Cost-Benefit Analysis Pembangunan Pelabuhan Terhadap Masyarakat Pesisir Di Kabupaten Subang COMPETITIVEVolume 14, Nomor 2, Desember 2019 ISSN: 0216-2539 (Print) E-ISSN: 2656-4157 (Online)
Sugiyono, (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suliyanto (2018) Metode Penelitian Bisnis. Untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi, Jakarta : Andi
Sumiharjo, Tumar. (2008). Daya Saing Berbasis Potensi Daerah. Bandung : Puskomedia.
Suradji, (2012) Strategi Belajar Mengajar. Surakarta
Surrachman (2013) Dasar-dasar Manajemen Merek. Edisi Pertama. Penerbit. Bayunedia Publishing. Malang
Suryani dan Hendryadi (2015) Metode riset kuantitatif teori dan aplikasi pada penelitian bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana. Prenadamedia
Swasta, Basu (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty.
Tika, P (2013) Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Karyawan. Jakarta : Bumi Aksara
Tjiptono dan Chandra (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Tulus T.H. Tambunan (2008). UMKM di Indonesia, (Bogor : Ghalia Indonesia,
Tunas, B. (2012) Memahami dan Memecahkan Masalah dengan Pendekatan Sistem, Jakarta : Nimas Multima
Umar, H (2016) Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Edisi Kedua, Jakarta, PT Rajagrafindo
Wibowo (2011) Manajemen Kinerja. Edisi keenpat, Jakarta : Rajawali Pers.
Wirawan (2012) Evaluasi Kinerja Sumberdaya Manusia,Teori Aplikasi dan Penelitian Jakarta : Salemba Empat.