ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA JASA PT. PELABUHAN TANJUNG PRIOK
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pengguna jasa PT. Pelabuhan Tanjung Priok yang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa kepelabuhanan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan jenis asosiatif. Penelitian dimulai dengan pengumpulan data melalaui kuisioner dengan unit analisis yang dituju merupakan pengguna jasa PT. Pelabuhan Tanjung Priok, lalu data yang didapat diolah menggunakan SPSS 25 dengan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas, kepercayaan memliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas, dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas. Disimpulkan bahwa kualitas pelayanan, kepercayaan, dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh terhadap loyalitas sebesar 69% terhadap pengguna jasa PT. Pelabuhan Tanjung Priok.
Kata kunci: Kepuasan Pelayanan, Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Paper dalam jurnal.
- John Lapod, Analisis Penentuan Strategi Dalam Lingkungan Bisnis Yang Kompetitif Studi Kasus Pada PT. PELINDO IV (Persero), Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 4 ,No.1, 2016: 33-48
- Imbang Danandjojo, Estimasi Jumlah kunjungan kapal di Pelabuhan Teluk Bayur, Warta Penelitian Perhubungan, Volume 27, Nomor 6, November-Desember 2015; 395-412
- Bambang Petrus Simamora, Pengaruh Kualitas Pelayanan Dwelling Time dan Billing System terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Jakarta International Container Terminal), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 49 No. 1 Agustus 2017, 179
- Angelina, Y., Widianto, T., & Iskandar, D. (2022). Peran Kepercayaan, Kualitas informasi dan persepsi risiko Terhadap keputusan pembelian di shopee. ProBank, 7(2), 224-230.
- Napitupulu, E., & Lukiyana, L. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening pada PT. Taksi Blue Bird Group Jakarta. Media Manajemen Jasa, 5(2).
- Bansaleng, J. M., Sepang, J. L., & Tampenawas, J. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Kartu Xl Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3).
- Buku
- a. Buku ajar [5] Wiwik Sulistiyowati, ST., M.T, Kualitas Layanan : Teori dan aplikasinya ISBN : 978-602-591-436-2, UMSIDA PRESS
- Artikel dari internet:
- Indonesia Masuk 20 Negara Performa Pelabuhan Terbaik,(https://hubla.dephub.go.id/home/post/read/13051/indonesia-masuk-20-besar-negar dengan-performa-pelabuhan-terbaik) diakses 12 Desember 2022 | Post by: Admin Portal
- Proses Bongkar Muat di Pelabuhan : Tahapan dan Dokumen, https://www.waresix.com/id/proses-bongkar-muat-di-pelabuhan/ diakses Mei 11, 2023