ANALISIS STRATEGI PROMOSI BIRO JASA PERJALANAN HAJI DAN UMRAH PADA PT KAFILAH MAGHFIRAH WISATA JAKARTA TIMUR

Authors

  • Farah Ardita Milyatama Politeknik APP Jakarta, Jl. Timbul No.34, Jakarta Selatan, 12630, Indonesia
  • Christian Kuswibowo Politeknik APP Jakarta, Jl. Timbul No.34, Jakarta Selatan, 12630, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi pada Biro Jasa Perjalanan Haji dan Umrah pada PT Kafilah Maghfirah Wisata Jakarta Timur. Analisis strategi promosi pada penelitian ini menggunakan Teori bauran promosi yang terdiri dari 4 strategi yaitu : Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Public Relation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dan bagaimana cara mengimplementasikan strategi pemasaran yang dilakukan Maghfirah Travel dalam menarik minat calon jemaah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, terdapat Data Primer dan Data Sekunder. Data Primer diperoleh langsung dari hasil wawancara staf karyawan PT Kafilah Maghfirah Wisata dengan tambahan Feedback dari salah satu Alumni Jemaah Umrah. Sedangkan data sekunder berupa teori-teori dan data penunjang lainnya yang diperoleh dari kepustakaan dan dokumentasi. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendeskripsikan strategi promosi dalam menarik minat calon jemaah umrah atau haji. Hasil dari tugas akhir ini menunjukkan bahwa Pertama, perumusan strategi promosi menggunakan strategi pemasaran menggunakan analisis SWOT, serta penentuan strategi promosi berdasarkan dari bauran promosi (Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Public Relation). Kedua, Implementasi strategi promosi dalam Maghfirah Travel. Ketiga, Evaluasi strategi promosi yang dilakukan Maghfirah Travel ini dengan dua teknis: a. Melakukan evaluasi mengenai teknis pelaksanaan kegiatan dalam menyebarkan informasi melalui media komunikasi, b. Melakukan evaluasi terhadap sumberĀ  informasi yang diperoleh calon jamaah.

References

Anggia, T. R., Kawet, L., & Ogi, I. (2015). Analisis Pengaruh Strategi Promosi, Harga, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Surat Kabar Manado Post. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2).

Aulya, S. (2022). Strategi Promosi Jasa Perjalanan Haji Dan Umrah Melalui Media Sosial Di Pt. Al-Badriyah Wisata Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Ayuni, D. M. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Guardian Health & Beauty Retail. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 2(2).

Bunyamin. 2021. Manajemen Pemasaran. Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Fairus, F., & Syah, H. (2020). Analisis Pengendalian Internal Atas Sistem Dan Prosedur Penggajian Dalam Usaha Mendukung Efisiensi Biaya Tenaga Kerja Pada PT Pancaran Samudera Transport, Jakarta (Internal Control Analysis Of The Payroll's System And Procedures In Supporting The Efficiency Of Labor Costs In PT Pancaran Samudera Transport, Jakarta).

Fathiyah, N. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Pencapaian Target Penjualan Produk Pada Travel PT. Arminareka Perdana Cabang Serang (Doctoral Dissertation, UIN SMH BANTEN).

Fatmasari, F., & Kuswibowo, C. (2020). Strategi Product Placement Pada Kanal Youtube. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Industri Dan Rantai Pasok (Vol. 1, No. 1, pp. 238-244).

Faza, H., & Widiyanto, I. (2016). Studi Minat Mereferensikan Dalam Jasa Travel Umroh. Diponegoro Journal Of Management, 117-131.

Fidya, N. H., Gunadi, I. M. A., & Erfinda, Y. (2022). MENJADI ADAPTIF: STRATEGI BIRO PERJALANAN WISATA OBAJA TOUR MENGHADAPI KRISIS PANDEMI COVID-19. Journal Of Tourism Destination And Attraction, 10(1), 59-68.

Gracia, M. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Pembelian Kembali Konsumen Go Food Jakarta/Monica Gracia/20160035/Pembimbing: Bilson Simamora.

HAMONANGAN, E. (2019). STRATEGI PROMOSI JASA PERJALANAN HAJI DAN UMROH PADA PT. MUDARIS WISATA TOUR AND TRAVEL PEKANBARU (Doctoral Dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

Ie, H., Oroh, S. G., & Moniharapon, S. (2015). Penerapan Strategi Promosi Pada Pemasaran Produk Federal Parts Cv. Kanaka Jaya Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2).

Khadafi, M. (2021). Strategi Promosi Jasa Perjalanan Haji Dan Umroh Pada Pt. Niat Suci Ke-Baitullah Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Khikam, M. S. Strategi Promosi Produk Umrah Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Travel Al-Malik Kota Tangerang (Bachelor's Thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Kuswibowo, C., & Tyasti, A. E. (2023). The Impact Of Product Quality And Service Quality On Client Loyalty And Its Effect On Purchase Decision. International Journal Of Integrative Sciences, 2(8), 1307-1318.

Kuswibowo, C. (2022). The Impact Of Service Performance On Customer Satisfaction And Customer Loyalty During Covid-19 Pandemic: A Case Study Of Bank BTN. International Journal Of Business Studies, 6(SI), 14-22.

Kuswibowo, C. (2022). The Effect of Service Quality And Customer Value on Customer Satisfaction at Celebrity Fitness Margo City. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship (IJBE), 8(2), 313-313.

Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi Strategi Promosi Produk Dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid'19. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 23-31.

Lubik, Halik. 2019. Tuntunan Lengkap Wajib Dan Sunnah Haji Dan Umrah. Pamulang: Ilmu Cemerlang Group.

MAULANA, M. A. (2017). ANALISIS SISTEM ANTRIAN KENDARAAN UNTUK MENENTUKAN JUMLAH GARDU TOL YANG EFEKTIF DI GERBANG TOL PASTEUR (Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unpas)

Musfar, Tengku. 2020. Buku Ajar Manajemen Pemasaran : Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Priyatama, A. T. (2021). Strategi Promosi Paket Wisata Lombok Pada Biro Perjalanan PT. A&T Holidays Di Nusa Tenggara Barat (Doctoral Dissertation, Politeknik Pariwisata Lombok).

Salam, H. I., Widodo, J., & Zulianto, M. (2019). Strategi Pemasaran Pada Pt Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour & Travel Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 66-71.

Sari, N. K. Strategi Promosi Pada PT Safar Arroyyan Wisata Dalam Menjadikan Biro Perjalanan Umroh Yang Terpercaya (Bachelor's Thesis, Jakarta: Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah).

Setyawati, Amelia Dkk. 2021. Pengantar Manajemen Pemasaran Kontemporer. Bandung: Media Sains Indonesia.

Sudarso, Andriasan Dkk. 2021. Pemasaran Jasa. Yayasan Kita Menulis.

Syafira, W., & Murtani, A. (2021). Analisis Strategi Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Kenyamanan Biro Perjalanan Umrah (Studi Kasus Pada Pt. Gadika Expressindo Medan). Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative, 2(1), 40-48.

Syukriyah, T. (2015). Strategi Promosi PT. Lintas Iskandaria Tours Dalam Meningkatkan Jumlah Jama'ah Umrah. Repository. Uin. Ac. Id: Jakarta.

Ulfa, Z. (2020). Strategi Promosi Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Lombok Tengah Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan (Doctoral Dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram)

WINANDA, A. K. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN HAJI DAN UMRAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH JAMAAH PADA PT. ZAFA MULIA MANDIRI PALEMBANG (Doctoral Dissertation, UIN RADEN FATAH PALEMBANG).

Yuliar, A., & Fadhilah, N. N. S. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Di Era New Normal Pada Biro Perjalanan Umrah. Jurnal Matlamat Minda, 1(2), 1-11.

Downloads