BAGAIMANA PROSES PEMBUATAN QUOTATION DALAM TRANSAKSI IMPOR?: STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN FREIGHT FORWARDING DI JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi alur proses kerja dalam pembuatan quotation impor. Penelitian dilakukan melalui studi kasus pada PT X yang merupakan perusahaan freight forwarding yang bergerak di bidang layanan logistik di Jakarta. Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan dalam kurun waktu lima bulan dengan terlibat langsung pada proses pembuatan quotation. Analisis dilakukan dengan membandingkan alur proses kerja pembuatan quotation dengan implementasinya pada saat pembuatan quotation impor berlangsung. Hasil analisis menunjukkan bahwa quotation dibuat berdasarkan dengan rate yang didapat dari overseas agent maupun dari laman shipping line dan kemudian ditawarkan kepada pelanggan. Terdapat beberapa permasalahan dari implementasi alur proses kerja pembuatan quotation yaitu belum adanya format quotation yang seragam, terlewatnya email berupa inquiry dari pelanggan, adanya permintaan revisi quotation, hingga permintaan penurunan rate local cost origin. Penelitian ini mengusulkan beberapa perbaikan untuk PT X yaitu melakukan penyegaran email secara berkala, membuat format keseragaman quotation, serta melakukan negosiasi kepada overseas agent terkait penurunan rate.
References
Diphayana, W. (2018). Perdagangan Internasional (1st ed.). Yogyakarta : Deepublish, 2018.
Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, K. K. (2018). Informasi Impor. Direktorat Jenderal Bea Cukai. beacukai.go.id/informasi-impor. Diakses 14 November 2023
Ernanda, D. (2023). 3 Examples of Sales Quote. Majoo. https://majoo.id/solusi/detail/contoh-penawaran-harga#:~:text=Sesuai dengan namanya%2C surat penawaran,syarat dan ketentuan yang berlaku. Diakses 14 November 2023
Febrianto, D., & Fatmasari, F. (2022). Korespondensi Bisnis dalam Perdagangan Internasional: Bagaimana Perannya terhadap Kinerja Freight Forwarder?. Jurnal Sosial Humaniora, 13(2), 113–127. https://doi.org/10.30997/jsh.v13i2.6457
Kho, J. (2023). Sales Order : Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasi Aplikasi Terbaiknya. Simplidots. https://www.simplidots.com/sales-order-pengertian-dan-rekomendasi-app-nya/amp/. Diakses 14 November 2023
Sailendra, A. (2015). Langkah-langkah praktis membuat SOP (standard operating procedures) (E. Swaesti (ed.); 1st ed.). Yogyakarta : Idea Publishing.
Siyoto, S., & Ali Sodik, M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.); 1st ed.). Yogyakarta : Literasi Media Publishing
Sumantri, A. S. & Nugrahanto, R. (2018). Pengaruh Jasa Pelayanan Freight Forwarding Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Sains dan Teknologi Maritim, 18(1), 51-64.