ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA PT SEPAKAT TEKNOLOGI NUSANTARA DI JAKARTA PUSAT
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran digital melalui media sosial Instagram pada PT Sepakat Teknologi Nusantara. PT Sepakat Teknologi Nusantara ini merupakan perusahaan swasta yang bergeral di bidang pengadaan barang untuk B2G, B2B, dan B2C. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode analisis STP (Segmentation, Targeting, Positioning), analisis Bauran Pemasaran atau Marketing Mix, analisis SWOT, dan Digital Marketing. Dalam penelitian ini peneliti menyajikan data penelitian berupa teks deskriptif. Narasumber dalam pengambilan data penelitian ini yaitu Muh. Zulfi Hadi selaku Manager Sales dan Hillary Tan selaku Staff Digital Marketing serta peneliti melakukan observasi pada media digital marketing seperti Instagram dan website yang dimiliki oleh perusahaan untuk mendukung penulisan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, PT Sepakat Teknologi Nusantara menggunakan dua cara strategi pemasarannya yaitu strategi pemasaran secara offline dan melalui media digital atau online. Strategi tersebut melibatkan segmentasi, target, positioning pasar, marketing mix, analisis SWOT dan digital marketing. Dengan menggunakan media digital sangat membantu PT Sepakat Teknologi Nusantara dalam melakukan pemasarannya sehingga berjalan efektif dan efisien.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Agustina, Ira, dan Laura Lahindah. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Melalui Sosial Media Pada PT. Esa Kreasio Sportindo (Stayhoops). Journal of Accounting and Business Studies 4.1
- Andriansah, R. N., Parmariza, Y., & Kuswibowo, C. (2022). Pengaruh Kewajaran Harga, Desain Produk dan Strategi Promosi Terhadap Niat Membeli Honda PCX. Manager: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(3), 384-392.
- Atmoko Dwi, Bambang. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita
- Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83-96.
- Chakti, Gunawan. (2019). The Book Of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital. Celebes Media Perkasa.
- Eko, J. C., & Auliya, Z. F. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Melalui Sosial Media dan Review Produk Pada Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada remaja di Indonesia) (Doctoral dissertation, IAIN Surakarta).
- Hidayah, Nurdin, et al. (2021). Strategi Pemasaran Media Sosial DestinasiPariwisata Menggunakan Pendekatan SOSTAC: Studi Kasus Pada Akun Media Sosial Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Lebak, Banten. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas dan Perjalanan, 5.2: 57-75.
- Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
- Kotler, Philip dan Keller,K., L.(2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid I. Jakarta: Erlangga
- Kuswibowo, C. (2022). The Effect of Service Quality And Customer Value on Customer Satisfaction at Celebrity Fitness Margo City. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship (IJBE), 8(2), 313-313.
- Kuswibowo, C., Widodo, A., Santoso, A., & Pujianto, H. (2023). PURCHASING DECISION OF IPHONE: THE ROLE OF PRODUCT QUALITY, BRAND IMAGE AND E-WOM. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 7(4).
- Landsverk, K. H. (2014). The instagram handbook: 2014 edition. Prime Head Limited.
- Mahliza, F., Prasetya, P., & Kuswibowo, C. (2023). The Preferences of Consumers' Halal Products in Cosmetics Market. Kajian Branding Indonesia, 5(2), 85-97. doi:10.21632/kbi.5.2.85-97
- Mukhtar. (2013). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group
- Rizal, A. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran di Era Masyarakat Industri 4.0. Deepublish.
- Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 83-88.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV
- Syahputro, E. N. (2020). Melejitkan pemasaran UMKM melalui media sosial. Caremedia Communication.
- Tengku Firli Musfar, S. M. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran : Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia
- Untari, Dewi, dan Dewi Endah Fajariana. (2018). Strategi pemasaran melalui media sosial instagram (studi deskriptif pada akun@ subur_batik). Widya Cipta:Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2.2: 271-278
- Mahardhika, Wayan Budi; Sunariani, Ni Nyoman. (2019). Strategi Pemasaran Produk Makanan Catering Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Bisnis, 16.1: 13-27.
- Putra, I. Kadek Permana. (2023). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Pada Masa Pandemi Covid-19 di The Kayon Resort. Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis, 2.2: 395-409.
- Saprijal, Makmur. (2014). Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan (studi pada s-mart swalayan pasir pengaraian). Cano Ekonomos 3.1:41-56.
- Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, et al. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92-96.