PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN AKREDITASI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH POLITEKNIK APP JAKARTA
Abstract
Pendidikan merupakan faktor pendukung yang memegang peranan di segala sektor. Keputusan memilih oleh mahasiswa dipengaruhi oleh strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, tempat, proses, orang, bukti fisik dan akreditasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi bauran pemasaran dan status akreditasi terhadap keputusan mahasiswa memilih Politeknik APP Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa aktif Politeknik APP Jakarta dan sampel yang digunakan sebanyak 74 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS (Statistic Product and Service Solition) versi 25.0. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel product, promosi, place, proses dan akreditasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih. Variabel harga (price) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan memilih. Sementara variabel people dan physical evidence tidak berpengaruh terhadap keputusan memilih. Secara bersama-sama (simultan) variabel product, price, promotion, place, people, process, physical evidence dan akreditasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih.
Kata kunci: product, price, promotion, place, people, procees, physical evidence, akreditasi, keputusan memilih