PENERAPAN KONSEP THEORY OF CONSTRAINS (TOC) DALAM AKTIVITAS PERENCANAAN PRODUKSI DI PT XYZ

hendi dwi hardiman(1*), subekti subekti(2),


(1) Politeknik APP Jakarta
(2) Politeknik APP Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


PT XYZ telah menetapkan beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam melaksanakan aktivitas produksinya, antara lain adalah memaksimalkan tingkat pemenuhan permintaan, memaksimalkan penjualan, meminimalkan biaya produksi, memaksimalkan utilisasi mesin dan peralatan, meminimalkan jam kerja lembur, dan meminimalkan biaya kualitas. Tujuan ini mengandung aspek-aspek yang berbeda atau bahkan bertentangan. Untuk itu, diperlukan suatu metode yang dapat memberikan solusi optimal yang merupakan titik temu (trade-off) dari tujuan-tujuan tersebut. Metode goal programming yang merupakan metode khusus dalam linear programming potensial untuk digunakan, karena mampu menyelesaikan masalah menjadi optimal dengan tujuan lebih dari satu (multi objective). Hasil penelitian menunjukkan bahwa utuk menghasilkan keuntungan yang optimal, jumlah produk FC5Susun yang harus dibuat adalah sebanyak 22.368 unit, produk FC3Susun sebanyak 8.240 unit, produk FC1Susun sebanyak 2.515 unit, produk FC531Susun sebanyak 5.677 unit. Dengan kombinasi produk hasil optimasi goal programming ini semua tujuan yang telah ditetapkan dapat terpenuhi. Keuntungan perusahaan dengan solusi goal programming ini adalah selisih antara maksimasi pendapatan penjualan dengan minimasi biaya produksi, yaitu Rp.76.264.751.104,- - Rp.49.264.951.296,- = Rp.26.999.799.808,-

 


Full Text:

PDF-FULL TEXT

References


a. Gaspersz, Vincent. (2002). Production Planning and Inventory Control: Berdasarkan Pendekatan Sistem Terintegrasi MRPII dan JIT Menuju Manufaktur 21. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

b. Kusuma, Hendra. (2002). Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

c. Santoso, Singgih. (2003). SPSS Versi 10: Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo.

d. Sipper, Daniel. & Bulfin, JR. Robert. (1997). PRODUCTION: Planning, Control, and Integration. United States of America.: Graw-Hill.

e. Walpole, Ronald E. (1992). Pengantar Statistik. Edisi

Terjemahan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

f. Wignjosoebroto, Sritomo. (1991). Teknik Tata Cara. Jakarta: Gunawidya.


Abstract : 27 views. PDF-FULL TEXT : 13 views.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Index :