ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA LULUSAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS PADA ALUMNI POLITEKNIK APP JAKARTA DI WILAYAH JABODETABEK

A.R Arie Wicaksono(1*), erick lauren ray(2), fauzi saberan(3), Amrin Rapi(4),


(1) Politeknik APP Jakarta
(2) Politeknik APP Jakarta
(3) Politeknik APP Jakarta
(4) Politeknik APP Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna lulusan Politeknik APP Jakarta dengan melihat tingkat kepentingan dan tingkat harapan yang ada pada industri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 56 perusahaan yang telah menggunakan 74 lulusan Politeknik APP Jakarta yang lulus di tahun 2018, 2019 dan 2020. Adapun instrumen yang digunakan dalam mengukur tingkat kepuasan pengguna lulusan terdiri dari etika, kompetensi utama, kemampuan bahasa asing, penggunaan teknologi informasi, kemampuan berkomunikasi, kerjasama tim dan pengembangan diri. Ketujuh instrumen ini berasal dari Instrumen Suplemen Konversi (ISK) yang dibuat oleh BAN-PT. Hasil dari penelitian ini menunjukan tingkat kepuasan pengguna lulusan Politeknik APP Jakarta adalah sebesar 78,36% yang berarti pengguna lulusan puas dengan kinerja lulusan Politeknik APP Jakarta. Hasil penelitian laiinya juga dituangkan kedalam matriks IPA yang terbagi menjadi empat kuadran, dimana aspek etika, kompetensi utama, kemampuan berkomunikasi dan kerjasama tim berada di kuadran 2, sedangkan aspek ekmampuan berbahasa asing, penggunaan teknologi informasi dan pengembangan diri berada dalam kuadran 3.

 

Kata kunci: Kepuasan Pengguna, Importance Performance Analysis, Lulusan


Full Text:

PDF-FULL TEXT

References


L. D. Anggraini, P. Deoranto, and D. M. Ikasari, “Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index the Analysis of Consumer Perception Used Importance Performance Analysis Method and,” J. Ind., vol. 4, no. 2, pp. 74–81, 2015, [Online]. Available: http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=bth&AN=44033223&site=ehost-live.

J. O. Ong and J. Pambudi, “Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Importance Performance Analysis Di Sbu Laboratory Cibitung Pt Sucofindo (Persero),” J@Ti Undip J. Tek. Ind., vol. 9, no. 1, pp. 1–10, 2014, doi: 10.12777/jati.9.1.1-10.

Sulvinajayanti, Iskandar, and N. Hayat, “Analisis Kepuasan Pengguna Lulusan Terhadap Alumni Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Parepare,” J. Penelit., vol. 13, no. IAIN, p. 283, 2019, [Online]. Available: https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/view/6002/pdf.

Buku

P. Kotler and G. Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, 13th ed. Jakarta: Erlangga, 2013.

Sugiyono, Statistika Untuk Peneltian. Bandung: Alfabeta, 2013.

F. Tjiptono, Manajemen & Strategi Merek. Yogyakarta: Andi, 2011.

Prosiding

S. K. Dewi, D. P. Restuputri, and A. Sulaksmi, “Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Impotance Performance Analysis,” Semin. Teknol. dan Rekayasa, vol. 1, pp. 206–222, 2015.

Artikel dari internet:

BAN-PT, “Instrumen Suplemen Konversi.” 2020.

Kemenaker, “Data Pekerjaan Berdasarkan Sektor Industri,” 2018.


Abstract : 59 views. PDF-FULL TEXT : 34 views.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Index :