PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI KENDARAAN DALAM STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN HONDA PCX 150 - CBS DI WILAYAH SURABAYA

Iksan Iksan(1*), anik rufaidah(2),


(1) Universitas Qomaruddin Gresik
(2) Universitas Qomaruddin Gresik
(*) Corresponding Author

Abstract


Pentingnya menganalisis kepuasan pelanggan sangat berpengaruh dalam setiap bentuk bisnis dan tidak terkecuali dalam bidang otomotif. Dalam hal ini penjualan kendaraan bermotor. Para produsen tersebut mencoba bersaing dengan memproduksi berbagai jenis kendaraan bermotor mulai dari bentuk, keunggulan, serta harga yang bersaing, sehingga perang harga maupun merek membanjiri pasaran. Dengan demikian konsumen akan memiliki banyak pilihan produk dan mempunyai harapan agar produk tersebut akan memuaskan.. Penelitian ini bersifat kualitatif yang diolah menjadi data kuantitatif. Dalam penelitian ini digunakan analisis statistik seperti analisa faktor dan analisis regresi linier berganda. Pengumpulan data dimulai dengan penyebaran kuesioner pada pemilik kendaraan Honda PCX 150 - CBS di Surabaya dengan jumlah yang sesuai, penetapan jumlah sampel resmi dan selanjutnya dilakukan pengolahan data dengan program komputerisasi SPSS 15.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilakukan analisa faktor, terbentuk 3 faktor. faktor pertama dapat dinamakan variabel harga dan kualitas (X1) (4,745), sedangkan pada faktor kedua dapat dinamakan variabel mesin (X2) (1,842), dan faktor yang terakhir, yaitu faktor yang ketiga dapat dinamakan variabel daya tarik (X3) (1,526) Dan dari hasil analisis regresi berganda diketahui bahwa kepuasan pelanggan yang meliputi variabel harga dan kualitas, variabel mesin, variabel daya tarik berpengaruh terhadap keputusan membeli Honda PCX 150 - CBS, yang ditunjukkan dengan hasi uji F dengan Fhitung = 52,647 dengan sig. = 0,000 < α = 0,05. Dan dari hasil lain menunjukkan nilai koefisien determinasi R² = 0,754 yang menunjukkan bahwa pengaruh yang disebabkan oleh variabel harga dan kualitas, variabel mesin, variabel daya tarik secara simultan berpengaruh terhadap keputusan membeli Honda PCX 150 - CBS adalah sebesar 75,4 %, sedangkan sisanya 24,6 % adalah disebabkan atau dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikut sertakan dalam penelitian.

Strategi yang harus dilakukan dalam meningkatkan penjualan yaitu lebih memperhatikan dan mengkaji kepuasan pelanggan yang meliputi variabel harga dan kualitas, variabel mesin,  variabel daya tarik, karena variabel tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan membeli Honda PCX 150 - CBS.

 

Kata Kunci : Analisa Faktor, Analisa Regresi Berganda, Pelanggan Honda PCX 150 - CBS.


Full Text:

PDF-FULL TEXT

References


M Yani Syafei, 2000, Pengaruh Citra Merek dan Penyampaian Jasa Bengkel Resmi terhadap Nilai Pelanggan serta dampaknya pada keputusan Pembelian Pelanggan, Bandung, Program Doktor, universitas Padjajaran

Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i01.2.

Aulia, M., & Hidayat, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Amanda Brownies. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Biodi, M., & Sanawiri, B. (2017). Analisis Lingkungan Industri Guna Menentukan Business Strategy Dalam Rangka Mencapai Keunggulan Bersaing. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 50(3), 172–181. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2019/2411.

Bruno, L. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian Pada Siswa SMA Melati Perbauangan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Bulan, T. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Agen Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 5(2), 592–602. http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jmk/article/view/73.

Sejati, B. S. A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(3), 1–19.

Setiawati, R., Utami, S., & Rochani, S. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Alfamart Jl. Jaksa Agung Suprapto No.11 Mojoroto-Kediri. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2), 285. https://doi.org/10.30737/jimek.v1i2.316.

Sintya, L. I., Karuntu, M. M., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-Jek Online Pada Mahasiswa Feb Unsrat Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1778–1787. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20462.

Wijaya, C. V. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Depot Madiun Masakan Khas Bu Rudy. Agora, 5(1), 1–8. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/5294/4878.

McKenna, 1995, Relationship Marketing ; Succsesfull Strategies for the age of costumer (6th edition) Addison, Wesley publishing Company

Morgan, R.M. and Hunt, S.D. (1994), The commitment trust theory of relationship marketing, Journal of Marketing, Vol. 58, July, pp. 20-38.

Mowen et. al., 1990 in Pan, Yue, and Zinkhan, George M., 2006. “Determinants of Retail Patronage: a Meta-Analytical Perspective.” Journal of Retailing, 82, pp. 229-243

Oliver, Richard L, 1997, Satisfaction: A. Behavioral Perspective on The Consumer, McGraw-Hill: New York

Rizal Edy halim, 2007, The Financial Impact and Shareholder Wealth Effect of The Role Relationship Bounding Tactics, Relationship Quality, and Costumer Asset Management : a Research Agenda, Departemen of Management, Facultas of Economics, University of Indonesia

Remiasa Marcus, 2007, Analisis Persepsi Pelanggan Terhadap Kualitas Layanan Coffee Shop Asing Dan Coffee Shop Lokal, Jurnal Manajemen Perhotelan, Vol.3, No.2,

Adhi Hendra Baskara, 2004, Tahap yang dilalui pelanggan pada Experential Marketing, Faculty Member Prasetya Mulya Business School

Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240.

Haryoko, U. B., Delimah Pasaribu, V. L., & Ardiyansyah, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Firman Dekorasi (Wedding Organizer). Point, 2(1).

https://doi.org/10.46918/point.v2i1.566.

Hosang, N., Tumbel, A., Moniharapon, S., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Siloam Manado) Analysis Effect Of Service Quality And Price To The Patient Satisfaction (Case Study At Siloam Hospital Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(01), 159–171. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/10625.

Imansyah, I., & Irawan, H. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Kerta Gaya Pusaka Cabang Kandangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 3(3), 325–334. https://doi.org/10.35972/jieb.v3i3.133

Istiatin, E. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Dealer PT. Ramayana Motor Sukoharjo. Jurnal Paradigma Universitas Islam Batik Surakarta, 13(01), 115736 https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/13960.

Kadir, A., Basri, M., & Rodi, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan, Nilai, Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan Rumah Tangga Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Kendari. Journal Publicuho, 1(1), 28. https://doi.org/10.35817/jpu.v1i1.7297.

Kristanto, J. ordelia. (2016). pengaruh kualitas layanan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan pelanggan di cafe one eighteenth coffee. 1, 6–8. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004.

Lubis, A. S., & Andayani, N. R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Sucofindo Batam. Journal of Applied Business Administration, 1(2), 232–243. https://doi.org/10.30871/jaba.v1i2.619.

Ofela, H. (2016). Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen kebab kingabi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(1), 1–15. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/423/432.

Padilah, T. N., & Adam, R. I. (2019). Analisis Regresi Linier Berganda Dalam Estimasi Produktivitas Tanaman Padi Di Kabupaten Karawang. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2), 117. https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.117-128.

Panjaitan, I. (2016). Pengaruh Pelayanan Dan Harga Pada Go-Jek Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Minat Sebagai Variabel Moderating (Study, 19(2), 43–55. https://doi.org/ 10.19166/derema.v11i2.197.

Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265. https://doi.org/10.19166/derema.v11i2.197.

Manajemen Pemasaran di Indonesia :

Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, Jilid 1, Edisi1, Salemba Empat, Jakarta.

Boyd, Walker, Larrece. 2000.Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga. Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT. Raja Grafondo Persada.

Craviens, David W. 1999. Pemasaran Strategis. Jakarta: Erlangga.

Gitosudarmo, Indriyo. 1994. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : BPFE. Hurriyanti, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta.

Kotler, Philip. 1999. ManajemenPemasaran. Edisi Budiyono, 2004, Studi mengenai pengetahuan Strategi Produk (Studi Kasus Minat Beli Produk Baru TELKOM FLEXI), Jurnal Sains pemasaran Indonesia, Vol.3, No.2

Firdiyansyah, indra. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Gubrak Kepri Mall Kota Batam. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Gubrak Kepri Mall Kota Batam, 1(1), 1–9. Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi dan Kepuasan Pelanggan *Dosen.

Fisabilillah, L. W. P., & Hanifa, N. (2021). Analisis Pengaruh Fintech Lending Terhadap Perekonomian Indonesia. Indonesian Journal of …, 1(3), 154–159. https://doi.org/10.31960/ijoeei.v1i3.866.

Gaol, A. L., Hidayat, K., & Sunarti. (2016). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Tahun Akademik 2012/2013 Universitas Brawijaya yang Menggunakan Smartphone Samsung). Jurnal Administrasi Bisnis, 38(1), 125–132. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1491/1869.

Pramana, R. I., & Sukresna, I. M. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi atas Harga terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Bus Pariwisata PO Jaya Indah Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(2), 1–15. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/13960.

Fatik Rahayu, 2004, Membangun Trust : Kunci Sukses dalam Relationship Marketing, Jurnal EKOBIS, Vol.5, No.1a, P. 111-118

Ferdinand, Augusty, 2000, Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Strategik, Research Paper Series, BP. UNDIP

Ferdinand, Augusty, 2002, Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen Aplikasi Model-modelRumit Dalam Penelitian Untuk Tesis Magister dan Desertasi Doktor, BP UNDI

Ferdinand, Augusty, 2006, Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen Aplikasi ModelmodelRumit Dalam Penelitian Untuk Tesis Magister dan Desertasi Doktor, BP UNDIP

Fransisca Andreani, 2007, Experential Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran) Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 2, No. 1

Hatane Semuel, 2007, Perilaku dan keputusan pembelian konsumen restoran melalui stimulus 50% Discount di Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.2, No.

Prasetio, A. (2016). Manajemn Pemasaran,Analisis Perencanaan dan Pengendalian. Management Analysis Journal, 1(4).

Sanwani. (2016). Pengaruh Service Recovery Terhadap Loyalitas Pelanggan Cucian Mobil Di Kota Jambi (The Effect Of Service Recovery On Car Wash Customer Satisfaction In Jambi City). 3(1), 45–52. https://online-journal.unja.ac.id/digest/article/view/4400.

Saripudin, A., Oktriawan, W., & Kurniasih, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Saung Manglid. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(01), 48–57. https://doi.org/10.52593/mtq.02.1.03


Abstract : 111 views. PDF-FULL TEXT : 39 views.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Index :