STUDI LITERATUR: STRATEGI MEMPERTAHANKAN USAHA KECIL, MIKRO DAN MENENGAH

Authors

  • dewi rahmawati Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Jl. Mayor Syamsu No.1, Jayaraga, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151
  • yusuf mauluddin Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Jl. Mayor Syamsu No.1, Jayaraga, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151,

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami strategi yang tepat dengan metode literature review dalam menangani dua kejadian yang terjadi dalam menjalankan usaha. Pertama produk tidak terjual dipasar karena pasar tidak merespon produk yang ditawarkan atau produk tersebut kalah bersaing dan kedua permintaan produk meningkat, tetapi produk tidak terpenuhi karena kapasitas terbatas. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk meningkatkan penjualan dalam mempertahankan konsumen ketika permintaan menurun atau meningkat. Belum adanya penelitian yang membahas kedua kejadian tersebut secara bersamaan, maka penelitian ini fokus pada strategi untuk mengatasi kedua kejadian tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini dengan mengidentifikasi teknik life cycle product didukung dengan teknik mix marketing. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa terdapat strategi mengelola usaha untuk mampu bertahan lama, seperti memberikan potongan harga atau pelayanan khusus agar konsumen bersedia menunggu ketika kapasitas penjualan sedang meningkat.  Hasil penelitian ini diharapakan dapat menjadi panduan untuk menjadi strategi bagi umkm baru atau umkm yang sudah berjalan karena tidak selamanya usaha tersebut berjalan dengan sempurna.

 

Kata kunci: Kapasitas, life cycle product, Mix marketing

References

Alfoqahaa, S. (N.D.). Critical Success Factors Of Small And Medium-Sized Enterprises In Palestine. Https://Doi.Org/10.1108/Jrme-05-2016-0014

Fitriani, S., Wahjusaputri, S., & Diponegoro, A. (2021). The Collaborated Trade Shows And Community Entrepreneurs: How They Benefit Small Medium-Sized Enterprises. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 23(1), 84–93. Https://Doi.Org/10.9744/Jmk.23.1.84-93

Kasus, S., Hoyweapstore, :, Triyansyah1, D., & Fitrianah2, D. (N.D.). Analisis Data Mining Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Marketing. Https://Doi.Org/10.22441/Incomtech.V8i2.4174

Komalasari, F. P., & Budiman, S. F. (2018). Customer Retention Strategy Through Customer Satisfaction And Customer Loyalty: The Study On Traveloka Loyalty Program. Trj Tourism Research Journal, 2(1), 69–75. Https://Doi.Org/10.30647/Trj.V2i1.32

Liu, S., Hua, G., Cheng, T. C. E., & Dong, J. (2021). Unmanned Vehicle Distribution Capacity Sharing With Demand Surge Under Option Contracts. Transportation Research Part E: Logistics And Transportation Review, 149, 102320. Https://Doi.Org/10.1016/J.Tre.2021.102320

Liu, W., Wang, D., Tang, O., & Zhu, D. (2018). The Impacts Of Logistics Service Integrator's Overconfidence Behaviour On Supply Chain Decision Under Demand Surge. European Journal Of Industrial Engineering, 12(4), 558–597. Https://Doi.Org/10.1504/Ejie.2018.093634

Maksum, I. R., Rahayu, A. Y., Kusumawardhani, D., Yayuk, A., & Rahayu, S. (2020). A Social Enterprise Approach To Empowering Micro, Small And Medium Enterprises (Smes) In Indonesia. Article In Journal Of Open Innovation Technology Market And Complexity. Https://Doi.Org/10.3390/Joitmc6030050

Muslihana, M. (2019). Evaluasi Product Life Cycle (Plc) Untuk Menentukanstrategi Bauran Pemasaran Pada Bebek Galak 88.

Nasucha, M. S. N. (2020). Analisis Daur Hidup Produk (Product Life Cycle) Terhadap Pemasaran Di Rumah Makan Sate Ayam H. Tukri Sobikun Nologaten Ponorogo.

Palmatier, R. W., & Crecelius, A. T. (2019). The "First Principles” Of Marketing Strategy. Ams Review, 9(1–2), 5–26. Https://Doi.Org/10.1007/S13162-019-00134-Y

S, T., A, S., J, L., J, C., J, F., & M, K. (2020). Strengthening Health Systems Resilience: Key Concepts And Strategies. Strengthening Health Systems Resilience: Key Concepts And Strategies.

Septiyanto, D., Wijayantini, B., & Gunawan Wibowo, Y. (N.D.). Strategi Marketing Mix Pupuk Spry Up Berdasarkan Product Life Cycle Di Toko Pupuk Fast Cabang Kalisat Kota Jember.

Setiawan, R., & Achyar, A. (2013). Effects Of Perceived Trust And Perceived Price On Customers' Intention To Buy In Online Store In Indonesia. Asean Marketing Journal, 4(1). Https://Doi.Org/10.21002/Amj.V4i1.2029

Suminar, R. (2020). Formulasi Strategi Dari Evaluasi Siklus Hidup Produk, Strategi Kekuatan Kompetisi Dan Anticipating Competitor's Action Studi Kasus Convenience Store. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen, 16(1), 1–14. Https://Doi.Org/10.31599/Jiam.V16i1.109

Swasty, W., Putri, M. K., Koesoemadinata, M. I. P., & Gunawan, A. N. S. (2021). The Effect Of Packaging Color Scheme On Perceptions, Product Preferences, Product Trial, And Purchase Intention. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 23(1), 27–39. Https://Doi.Org/10.9744/Jmk.23.1.27-39

Tyas, A. A., Saroh, S., & Zunaida, D. (2020). Strategi Promosi Penjualan Dalam Menghadapi Pesaing Di Era Digital (Studi Pada Pengusaha Mebel Bintang Banyuwangi). Jiagabi (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 9(2), 126–134.

Utami, E. S., Aprilia, M. R., & Putra, I. C. A. (2021). Financial Literacy Of Micro, Small, And Medium Enterprises Of Consumption Sector In Probolinggo City. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 23(1), 10–17. Https://Doi.Org/10.9744/Jmk.23.1.10-17

Xu, J. (2018). Research On Enterprise Marketing Strategy Based On Product Life Cycle Theory. 679–682. Https://Doi.Org/10.2991/Snce-18.2018.138

Downloads