PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • enggar widianingrum Universitas Bina Sarana Informatika, Jl. Kramat Raya No. 98, Jakarta Pusat, 10450, Indonesia

Abstract

Di tengah pandemi Covid-19, kebutuhan akan smartphone di Indonesia melonjak karena peningkatan nilai guna smartphone, hal ini membuat peta persaingan industri smartphone semakin ketat. Menghadapi persaingan ini, perusahaan perlu mengetahui faktor penyebab konsumen memilih suatu produk.  Penelitian dilaksanakan untuk menganalisis pengaruh brand image dan brand trust terhadap pembelian smartphone Xiaomi pada masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Bekasi. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 170 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling. Model analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS, uji hipotesis menggunakan uji F dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image dan brand trust secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

 

 

Kata kunci: Brand Image, Brand Trust, Keputusan Pembelian

References

Arradian, D. (2021). Bagaimana Xiaomi Bisa Jadi Vendor Smartphone No 1 di Indonesia? Retrieved from tekno.sindonews.com: https://tekno.sindonews.com/read/506934/122/bagaimana-xiaomi-bisa-jadi-vendor-smartphone-no-1-di-indonesia-1628579294

Deodata, A. V. P., & Soamole, A. (2019). Brand Awareness Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Fast Food Kentucky Fried Chicken ( Kfc ) Cabang Taman Mini. Jurnal Administrasi Bisnis, 3(2), 1–10.

Djatmiko, T., & Pradana, R. (2016). Brand Image and Product Price; Its Impact for Samsung Smartphone Purchasing Decision. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 219(2016), 221–227. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.009

Junio, A., Jiwa, Z., Tarigan, H., Studi, P., Bisnis, M., Ekonomi, F., ... Siwalankerto, J. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. AGORA, 5 No. 3(2017), 1–9.

Malik, M. E., Naeem, B., & Munawar, M. (2012). Brand Image : Past , Present and Future Related papers. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 2(12), 13069–13075.

Malviya, S., Saluja, D. M. S., & Thakur, A. S. (2013). A Study on the Factors Influencing Consumer ' s Purchase Decision towards Smartphones in Indore. International Journal of Advance Research in Computer Science and Management Studies, 1(6), 14–21.

Mamahit, P., Soegoto, A. S., & Tumbuan, W. A. (2015). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota All New Yaris Pada Pt. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5), 777–787.

Maulana, Y. S., Marista, M., Nurjanah, D. S., & Hadiani, D. (2021). The Effect of Brand Image and Brand Trust on Oppo Cellphones Purchase Decision in Banjar City. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(2), 214–225.

Muniarti, M., & Dkk. (2013). Alat-alat Pengujian Hipotesis. Semarang: Penerbitan Unika Soegijapranata.

Pratiwi, D., & Rachmi, A. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Bedak Marcks ( Studi Pada Mahasiswa Prodi D4 Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang ). Jurnal Aplikasi Bisnis, 6(1), 121–124.

Winarto, Y. (2021). Begini peta persaingan pangsa pasar smartphone tanah air pada kuartal I 2021. Retrieved from Arradian, D. (2021, Agustus 10). Bagaimana Xiaomi Bisa Jadi Vendor Smartphone No 1 di Indonesia? Retrieved from tekno.sindonews.com: https://tekno.sindonews.com/read/506934/122/bagaimana-xiaomi-bisa-jadi-vendor-smartphone-no-1-di-indonesia-1628579294%0AWinarto, Y. (2021, Mei 12). Begini peta persaingan pangsa pasar smartphone tanah air pada kuartal I 2021. Retrieved from kontan.co.id: https://lifestyle.kontan.co.id/news/begini-peta-persaingan-pangsa-pasar-smartphone-tanah-air-pada-kuartal-i-2021?page=al%0A

Yusuf, A. (2021). The Influence of Product Innovation and Brand Image on Customer Purchase Decision on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(1), 472–481. https://doi.org/https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1629

Downloads