DAMPAK PANDEMI COVID 19 TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA UKM JAKARTA

Anung Widodo(1*), Titin Endrawati(2), Sugeng Raharjo(3),


(1) Politeknik APP Jakarta, Indonesia
(2) Politeknik APP Jakarta, Indonesia
(3) Politeknik APP Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Dalam kaitan usaha kecil di masa pandemic covid 19 tidak  hanya pada pengusaha besar saja tapi pengusaha  kecil juga terkena dampak perekonomian yang sulit diakibatkan daya beli masyarakat  yang menurun termasuk pengusaha UKM Toko Quinsha di Jakarta yaitu beberapa UKM penjual makanan dipinggir jalan  ada  usaha kecil  sudah tidak berjualan lagi karena tidak ada yang beli   sehingga kehabisan modal untuk berjualan kembali.  Penelitian ini bertujuan untuk peneliti yang tergerak ingin meneliti kiat-kiat meningkatkan volume penjualan di masa pandemic covid 19 pada UKM.

 Masalah yang dihadapi adalah ketika mengumpulkan data  dimana UKM terkadang tidak berjualan dikarenakan masih sepi pelanggan .Tapi ketika ada pesanan melalui telephone  maka kami sudah bisa mengambil data konsumen pembeli nasi kebuli .Sedangkan untuk nasi uduk dan nasi ulam masih dapat berjualan setiap hari  kecuali hari libur kerja  Toko Quinsha tidak berjualan karena pada hari libur kerja biasanya jarang pembeli .Dan untuk menhemat biaya operasional.

Data dikumpulkan melalui pembeli sebagai konsumen untuk mengisi kuesioner. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey . Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui penyebaran sejumlah daftar kuesioner dengan skala likert  diberikan kepada 30 responden setelah disebar dalam kuesioner mengacu kepada variabel penelitian, yaitu Volume Penjualan  dan dilihat dari indikator ke 1 mendapatkan 70% , dilihat dari indikator ke 2 mendapatkan 78% dan dilihat dari indikator ke 3 mendapatkan 76% sehingga skor rata -rata persentase seluruh indikator adalah 74,6%

 Hasil menunjukkan bahwa skor rata -rata indicator Volume penjualan  dari ketiga indicator skor rata-rata indicator masih dalam kategori baik yaitu 74%, hal itu karena skor presentase Volume penjualan  persentasi  dengan nilai 74% jika dilihat dari  batas kriteria  ukuran 60 % - 79,99 % adalah  baik, Maka hasil rata-rata dari ketiga dimensi Volume Penjualan  masih dalam ukuran kategori baik atau masih termasuk baik,

Keyword : Volume Penjualan , Dampak Covid-19, UKM

 

ABSTRACT

 

In terms of small businesses during the COVID-19 pandemic, not only big entrepreneurs but small entrepreneurs are also affected by a difficult economy due to the declining purchasing power of the people, including UKM entrepreneurs in Jakarta  Quinsha Shop that is several  UKM selling food on the side of the road, there are small businesses that are no longer selling because no one buys it so it runs out of capital to resell. This study aims for researchers who are moved to research tips on increasing sales volume during the COVID-19 pandemic in UKM

 The problem faced is when collecting data where UKM sometimes do not sell because there are still no customers. But when there is an order by telephone, we can take consumer data for buying kebuli rice. Meanwhile, Nasi uduk and Nasi Ulam can still sell every day except for work holidays. Quinsha shop does not sell because on working holidays there are usually few buyers. And to save operational costs.

Data is collected through buyers as consumers to fill out a questionnaire. Using a quantitative approach with a survey method. The data collection technique was carried out through the distribution of a list of questionnaires with a Likert scale given to 30 respondents after being distributed in the questionnaire referring to the research variable, namely Sales Volume and seen from the 1st indicator getting 70%, judging from the 2nd indicator getting 78% and seen from the 3rd indicator get 76% so that the average percentage score of all indicators is 74.6%

 The results show that the average score of the sales volume indicator of the three indicators is still in the good category, namely 74%, this is because the percentage score of sales volume is a percentage with a value of 74% when viewed from the size criteria limit of 60% - 79.99 % is good, then the average result of the three dimensions of Sales Volume is still in the good category size or is still good,

            

Keyword : Sales Volume, Impact of Covid-19, UKM


Full Text:

PDF

References


Agil Bahtiar, Rais. 2021. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah serta Solusinya” dalam Jurnal https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info%20Singkat-XIII-10-II-P3DI-Mei-2021-1982.pdf diunduh pada tanggal 28 September 2022

Assauri, Sofjan, 2013. Manajemen Pemasaran, Edisi 1, Jakarta: Rajawali Pers,

Basu, Swastha, 2020. Manajemen Penjualan Edisi Ketiga. BPFE-Yogyakarta

Buchari, Alma, 2004. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.

Bunga Teratai. 2017. Pengaruh Modal Kerja Dan Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Sektor Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursah Efek Indonesia. eJurnal Administrasi Bisnis Vol 5 No 2.

Eva Christine Tjia1, Arjuna Lim2, Cindy Clarissa3, Grace Laura Denali4, Jason Leonard5, Joan Gabrielle6, Micco Driantama7, Nicholas Andersson8, Iwan H. Kahfi9. 2021. Pengaruh Pandemi Terhadap Penjualan UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Kota Depok dalam Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Vol. 3. No. 1, 2021. https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/707 diunduh pada tanggal 28 September 2022

Yuningsih, Yayah. 2015. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penjualan Jasa Pengiriman Barang pada PT Eka Sari LorenaEexpress Cabang Pekanbaru Ditinjau menurut Ekonomi Islam dalam https://repository.uin-suska.ac.id/6616/1/fm.pdf diunduh pada tanggal 28 September 2022.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Machfoedz, Ircham. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta : Fitramaya.

Muhtar, Nurul Magfhira. 2014. Analisis Strategi Harga Terhadap Volume Penjualan Busana Pria dan Wanita PadaPT. Citra Sulawesi Sejahtera Kota Makassar. Makassar.

Pramesti, Retno Widya. 2022. “Penerapan Metode Peramalan (Forecast) Penjualan pada Dzikrayaat Business Center Ponorogo” dalam Jurnal http://eprints.umpo.ac.id/8603/4/Bab%202.pdf diunduh pada tanggal 28 September 2022.

Richard L, 2010. Era Baru Manajemen, Edisi 9, Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Silaen, Sofar., 2018., Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, In Media, Bandung

Stanton, William. 2001. Prinsip Pemasaran. Jilid 2. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius, Chandra. 2012. Pemasaran Strategic. Yogyakarta : Andi.

Umi Narimawati. 2010. Metodologi Penelitian : Dasar Penyusun Penelitian Ekonomi. Jakarta : Genesis.

Worldailmi, Elanjati. 2022. Rekomendasi Inovasi Adaptasi di Tengah Pandemi Berdasarkan Strategi Pemasaran: Studi Kasus Usaha Kuliner Warung Halal dalam Jurnal JATTEC, Vol 3 No 1, Januari 2022: 39-49. https://media.neliti.com/media/publications/419914-none-0cce0425.pdf diunduh pada tanggal 28 September 2022

Zulganef, 2008. Metode Penelitian Sosial dan Bisnis, Yogyakarta : Graha Ilmu.


Abstract : 19 views. PDF : 7 views.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Index :