ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN EKSPEDISI TRUCK PT ARYA CARGO DENGAN METODE BALANCED SCORECARD DI BEKASI

Authors

  • alvan tosa sunarto Institut Ilmu Sosial Dan Manajemen Stiami
  • resista vikaliana Institut Ilmu Sosial Dan Manajemen Stiami

Abstract

ABSTRAK

Penilaian kinerja sangat penting bagi perusahaan. Pengukuran kinerja perusahaan khususnya dalam bidang jasa dituntut untuk menerapkan konsep penilaian kinerja yang tidak hanya dilihat dari sisi finansial tetapi juga harus dilihat dari sisi non finansial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja PT Arya Cargo dengan menggunakan empat perspektif metode balanced Scorecard yang digunakan adalah metode kualitatif. Berdasarkan analisis data yang telah diperoleh dengan menggunakan metode balanced scorecard diperoleh kesimpulan: (1) menunjukkan perspektif keuangan. Kinerja keuangan yang buruk karena masalah pembayaran selama pandemi kondisi keuangan perusahaan tahun 2019-2021 menurun; (2) dari perspektif pelanggan menunjukkan kinerja yang memuaskan karena perusahaan dapat membina dan menjaga hubungan baik dengan pelanggannya; (3) perspektif bisnis internal yaitu inovasi, proses operasi dan layanan purna jual menunjukkan kinerja yang baik. (4) perspektif pertumbuhan dan pembelajaran serta motivasi, pemberdayaan dan keselarasan menunjukkan kinerja yang baik.

Kata kunci: Metode Balanced Scorecard, Kinerja Perusahaan, Kinerja Perusahaan

ABSTRACT

Performance appraisal is crucial for the company. Measurement company performance, especially in the field of services, is required to apply the concept of performance appraisal that is not only viewed from the financial side but also must be viewed rom the non-financial side. This study aims to analyze the performance of PT Arya Cargo by using four perspectives balanced Scorecard method used is a qualitative method. Based on the analysis of data that has been obtained using the balanced scorecard method, the conclusions were obtained: (1) the financial perspective showed. Poor financial performance due to problems with payments during the pandemic the company's financial condition in 2019-2021 decreased; (2) from theperspective of customers showed satisfactory performance because the company could foster and maintain good relations with its customers; (3) the internal business perspective, namely innovation, operating processes and after-sales services, showed good performance. (4) perspectives of growth and learning as well as motivation, empowerment and harmony showed good performance.

Keywords: Balanced scorecard method, company performance, company performance

References

Anuforo. (2019). The Implementation of Balance Scorecard and Its Impact on Performance: Case of Universiti Utara Malaysia. international Journal of Accounting & Finance Review.

Arfah. (2019). Analisis Kinerja Berbasis Balanced Scorecard Pada Perusahaan (PDAM) Tirta Bulian Kota Tebing Tinggi. SENSASI.

Baslini. (2022). Journal of Innovationin Teaching and Instructional Mediae-ISSN:2746- 3583Vol. 2,No. 2, .

Kesek, F. N. (2020). ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD PADA PT. NENGGAPRATAMA INTERNUSANTARA. JurnalEMBA.

Kurniasari, M. (2017). ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE

BALANCED SCORECARD (Studi Kasus Pada PT. Aditya Sentana Agro). AGORA Vol. 5, No. 1, (2017).

Lusiana, H. (2018). At-Tabir Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol 2 No. 1. Analisi Kinerja Karyawan Terhadap Produktivitas Kerja .

Pendidikan, T. d. (2022). Journal of Innovationin Teaching and Instructional Mediae- ISSN:2746-3583Vol. 2,No. 2.

Pesiwarissa. (2015). ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN KONSEP BALANCED SCORECARD UNTUK MENINGKATKAN

PERENCANAAN STRATEGIS PERUSAHAAN (Studi Kasus PT. Kasa Husada Wira Jatim). E-Journal Akuntansi "EQUITY".

Purnama. (2013). Analisis Pelaksanaan Manajemen Logistik di UKM Mart KPRI Tegap Ponjong. neliti.

Downloads