ANALISIS QUALITY CONTROL DALAM UPAYA MENGURANGI KERUSAKAN PRODUK PADA GUDANG FRESH TRANSMART CARREFOUR

Authors

  • Dodi Aryanto Institut Ilmu Sosial dan Manajemen Stiami, Jakarta, Indonesia
  • resista vikaliana Institut Ilmu Sosial dan Manajemen Stiami, Jakarta, Indonesia

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini difokuskan pada Analisis Quality Control dalam Upaya Mengurangi Kerusakan Produk di Gudang Fresh Cikarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pengendalian mutu, dengan mempertimbangkan tingkat kerusakan produk yang sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat dua cacat produk yang paling dominan, yaitu membusuk 49,1% yang didominasi oleh produk impor, kemudian kerusakan terbesar berikutnya adalah memar sebesar 29,5%.  Faktor penyebab kerusakan produk disebabkan oleh faktor manusia, bahan, mesin dan metode. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan konsep PDCA dengan tools diagram Parreto dan diagram fishbound. Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan telah melakukan perbaikan pada proses pelaksanaan pengendalian mutu berupa pengarahan dan pengawasan pada bagian kendali mutu, pengawasan dan pengecekan suhu secara berkala yang dilakukan di bagian operasional serta peningkatan kualifikasi dalam proses pemilihan pemasok sesuai dengan standar perusahaan.

Kata kunci: kerusakan produk, kendali mutu, gudang

 

ABSTRACT

 This research is focused on Quality Control Analysis in an Effort to Reduce Product Damage at Fresh Cikarang Warehouse. The purpose of this study was to analyze the quality control process, considering the very high level of product damage. Based on the results of the study, there were two most dominant product defects, namely rotting 49.1% which was dominated by imported products, then the next biggest damage was bruises at 29.5%. Factors causing product damage are caused by human factors, materials, machines and methods.  The method used in this research is descriptive qualitative method with data collection techniques in the form of observation, interviews, documentation and literature study. The research was conducted using the PDCA concept approach with the tools of Parreto diagrams and fishbound diagrams. To overcome this, the company has made improvements to the quality control implementation process in the form of directing and supervising the quality control section, supervision and periodic temperature checks carried out in the operational section as well as increasing qualifications in the supplier selection process in accordance with company standards.

Keywords: kerusakan produk, quality control, gudang

References

Abdurrozzaq Hasibuan, Astri Rumondang Banjarnahor, 2021.Yayasan Kita Menulis. Manajemen Logistik dan Supply Chain Management

Andespa, I. 2020. Analisis Pengendalian Mutu Dengan Menggunakan Statistical Quality Control ( Sqc ) Pada Pt . Pratama Abadi Industri ( Jx ) Sukabumi. Sukabumi. Ira Andespa Fakultas Ilmu Administrasi Dan Humaniora Universitas Muhammadiyah Sukabumi , Jawa Barat , Indon. 2, 129–160.

Bartholdi, J., & Hankman, S. 2011. Warehouse & Distribution Science 2007. Available On Line At:/Http://Www. Tli. Gatech. Edu/

Calvo-Mora, A., Ruiz-Moreno, C., Picón-Berjoyo, A., & Cauzo-Bottala, L. 2014. Mediation Effect Of Tqm Technical Factors In Excellence Management Systems. Journal Of Business Research, 67(5), 769–774. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jbusres.2013.11.042

Dian Wijayanto,2013. Pengantar Manajemen. Pt. Gramedia Pustaka Utama.

Djoko Adi Walujo, Titiek Koesdijati, Y. U. 2020. Pengendalian Kualitas (Djoko Adi). Scopindo Media Pustaka.

Garside, Annisa Kesy, D. R. 2017. Manajemen Logistik. Universitas Muhammadiyah Malang.

Goetsch, D. L., & Davis, S. B. 2014. Quality Management For Organizational Excellence Introduction to Total Quality Ninth Edition.

Hidayatullah Elmas, M. S. 2017. Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control (Sqc) Untuk Meminimumkan Produk Gagal Pada Toko Roti Barokah Bakery. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi.

Novrianda, H. 2019. Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Journal Of Studi Manajemen & Organisasi.

Paul, Y., & Lestari, Y. D. 2015. Managing Stock In Warehouse : A Case Study Of A Retail. Journal Of Business And Management.

Permana, M. V. 2013. Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Made. Jurnal Dinamika Manajemen.

Pratama, R. 2020. Pengantar Manajemen (Pertama). CV. Budi Utama.

Rahayu, W. P., & Adhi, W. 2015. Penerapan Good Logistic Practices Sebagai Penunjang Ekspor Buah Tropis Good Logistic Practices As The Main Supported For Tropical Fruit Export. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (Jmtranslog).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta CV.

Stevenson, M., Silva, C., Land, M. J., & Fredendall, L. D. 2012. Operational Management second Edition. 21(5), 939–953.

Yuliarto, Y., & Putra, Y. S. (2015). Analisis Quality Control Pada Produksi Susu Sapi Di Cv Cita Nasional Getasan Tahun 2014. Jurnal Ilmiah Among Makarti, 7(14), 79–91. Http://Jurnal.Stieama.Ac.Id/Index.Php/Ama/Article/View/106

John Warman, 2004. Manajemen Pergudangan, seri manajemen no. 57, pustaka sinar harapan, Jakarta. https://pakchandrablog.wordpress.com/author/pakchanddra/ diakses pada tanggal 16 Agustus 2016.

Holy Icun Yunarto dan Martinus Getty Santika, 2005. Business Concept Implementation Series in Inventory Management. Elex Media. Jakarta.

Downloads