DAMPAK PERANG DAGANG AMERIKA-TIONGKOK: PELUANG EKSPOR INDONESIA DALAM MENGISI PRODUK AMERIKA DAN TIONGKOK YANG MENGALAMI PENURUNAN NERACA DAGANG

Bayu Prabowo Sutijatmo(1*), Avia Enggar Tyasti(2),


(1) Politeknik APP Jakarta, Jalan Timbul No. 34 Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12630
(2) Politeknik APP Jakarta, Jalan Timbul No. 34 Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12630
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

 

Tujuan penulisan adalah untuk menganalisis produk ekspor Amerika dan Tiongkok yang mengalami penurunan akibat perang dagang serta menganalisis produk ekspor Indonesia yang dapat mengisi pasar Amerika dan Tiongkok akibat perang dagang tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif yang kemudian diinterpretasikan dalam analisis deskriptif yang menggambarkan posisi Indonesia lebih kuat pada produk yang pertumbuhan ekspornya positif dan Amerika-Tiongkok yang pertumbuhan ekspornya negative. Penelitian ini juga menganalisis dan merumuskan strategi ekspor Indonesia di masa mendatang untuk meningkatkan neraca dagang dengan negara Amerika dan Tiongkok. Hasil penelitian ini diketahui bahwa Indonesia memiliki peluang positif atas perang dagang yang terjadi antara Amerika dan Tiongkok. Produk yang berpeluang untuk meningkatkan ekspornya ke AS dilihat dari pertumbuhan ekspor Indonesia ke AS adalah produk hewani, garam, belerang, kapur, serat tekstil dan benang kertas. Sedangkan produk yang memiliki peluang ekspor ke Tiongkok dilihat berdasarkan nilai pertumbuhan eksporya adalah  payung, wol, bulu hewan, lonceng, arloji dan bagiannya serta aluminium. Strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan ekspor tersebut adalah dengan meningkatkan ekspor produk 5-7 ke AS, mengamankan akses pasar (utilisasi GSP), mendorong pembentukan perundingan perdagangan, dan optimalisasi instrument trade remedy.

 

Keywords: Perang Dagang, Ekspor, Amerika-Tiongkok

 

 

ABSTRACT

 

The purpose of this research is to analyze the export products of America and China which have decreased due to the trade war and to analyze Indonesian export products that can fill the American and Chinese markets. The method used in this study is a quantitative and qualitative descriptive method which is interpreted in a descriptive analysis that describes Indonesia's stronger position on products with positive export growth and America-China exports with negative growth. This study also analyzes and formulates Indonesia's export strategy for the future to improve the trade balance between America and China. The results of this study indicate that Indonesia has a positive opportunity for the trade war that occurred between America and China. Products that have the opportunity to increase their exports to the US as seen from the growth of Indonesia's exports to the US are animal products, salt, sulfur, lime, textile fibers, and paper yarn. Meanwhile, products that have export opportunities to China based on the value of their export growth are umbrellas, wool, animal hair, bells, watches, parts, and aluminum. Strategies that can be done to increase exports are by increasing exports of 5-7 products to the US, securing market access (utilization of GSP), encouraging the establishment of trade negotiations, and optimizing trade remedy instruments.  

 

Keywords:Trade War, Export, America-Tiongkok


Full Text:

PDF

References


Ali, T., Ali, W., Ali, M., Raza, B., & Niazi, A. A. K. (2018). China-Pak Economic Corridor (CPEC): economic transformation-challenges and opportunities for the local residents. Journal of South Asian Studies, 4(1), 17–30.

Brown, C. D. (2016). Democracy in Asia. Education About ASIA, 21(1).

Dumairy, D. (1996). Perekonomian Indonesia.

Li, X. (2015). Interpreting and understanding “the Chinese Dream” in a holistic nexus. Fudan Journal of the Humanities and Social Sciences, 8(4), 505–520.

Oh, Y. A. (2017). China’s economic ties with Southeast Asia. KIEP Research Paper. World Economy Brief, 17–18.

Palmer, G., & Morgan, T. C. (2011). A theory of foreign policy. In A Theory of Foreign Policy. Princeton University Press.

Peter, H. L., & Kindleberger, C. P. (1995). Ekonomi Internasional edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Ramadhan, L. A., Wiranata, I. M. A., & Priadarsani, N. W. R. (2015). UPAYA AMERIKA SERIKAT DALAM PERLINDUNGAN HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL DI TIONGKOK MELALUI USTR.

Salvatore, D. (2005). Ekonomi manajerial dalam perekonomian global. Jakarta: Salemba Empat.

Salvatore, D., & Munandar, H. (1997). Ekonomi Internasional, jilid 2.

Steinbock, D. (2018). US-China trade war and its global impacts. China Quarterly of International Strategic Studies, 4(04), 515–542.

Tambunan, T. (2001). Perdagangan Internasional dan Neraca Pembayaran. PT Pustaka LP3ES. Jakarta.

Wang, Z. (2014). The Chinese dream: Concept and context. Journal of Chinese Political Science, 19(1), 1–13.


Abstract : 208 views. PDF : 58 views.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Index :