STRATEGI PEMASARAN BISNIS PT. SANKEN ARGADWIJA BERDASARKAN ANALISIS SWOT DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DI INDONESIA

Authors

  • A.R. Arie Wicaksono Politeknik APP Jakarta, Jalan Timbul No.34, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta
  • I Nyoman Wirya Artha Politeknik APP Jakarta, Jalan Timbul No.34, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta
  • Joni Suwandi Politeknik APP Jakarta, Jalan Timbul No.34, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta
  • Barkah Alkhaliq Politeknik APP Jakarta, Jalan Timbul No.34, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan alternatif strategi pemasaran perusahaan untuk membangun kekuatan, mengatasi kelemahan, mengeksploitasi peluang serta menghadapi ancaman yang dimiliki dan dihadapi dalam memasarkan produknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggambarkan fakta-fakta dan menjelaskan keadaan berdasarkan fakta-fakta dan data yang ada dan mencoba menganalisis kebenarannya melalui data yang diperoleh. Metode analisis yang digunakan yaitu Analisis SWOT TSI (Tanpa Skala Industri) dengan menggunakan metode EFAS (analisis faktor eksternal) dan IFAS (analisis faktor internal) perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan dalam menggunakan SWOT Tanpa Skala Indusri menempatkan strategi Strength (S) lebih besar dari Opportunity (O), Strategi Opportunity (O) lebih besar dari Weakness (W), Strategi Strength (S) lebih besar dari Threat (T) dan Strategi Threat lebih besar dari Weakness (W), sehingga kondisi ini bahwa perusahaan berada pada posisi memanfaatkan strategi ST yang mempunyai nilai skor tertinggi yaitu = 7.7, selanjutnya diikuti strategi SO= 7.5, WT= 6.1 dan WO= 5.9. Dengan melakukan analisis SWOT TSI, ternyata secara Internal memiliki kekuatan (4.0) yang lebih besar dari kelemahan (2.4) tetapi ancaman (3.7) lebih besar daripada peluang (3.5) sehingga strategi yang akan dilakukan oleh perusahaan dengan melakukan diversifikasi untuk menghadapi sejumlah tantangan berat sehingga diharapkan perusahaan segera memperbanyak ragam strategi taktisnya dengan memperluas segmentasi pasar.

 

Kata kunci: Strategi, analisis SWOT, tanpa skala industri

 

ABSTRACT

 

This study aims to determine alternative marketing strategies for companies to build strengths, overcome weaknesses, exploit opportunities and face threats that are owned and faced in marketing their products. Thisresearch uses a quantitative approach by describing facts and explaining the situation based on existing facts and data and trying to analyze the truth through the data obtained. The analysis method used is SWOT TSI Analysis (Without Industrial Scale) using the company's EFAS (external factor analysis) and IFAS (internal factor analysis) methods. The results of this study show that companies in using SWOT Without Industrial Scale place the Strength (S) strategy greater than Opportunity (O), Strategy Opportunity (O) greater than Weakness (W), Strength (S) greater than Threat (T) and Strategy Threat greater than Weakness (W), so this condition that the company is in a position to utilize strategy S T which has the highest score value is = 7. 7, followed by strategy SO = 7. 5, WT= 6. 1 and WO= 5. 9. By conducting a SWOT TSI analysis, it turns out that internally it has strengths (4.0) that are greater than weaknesses (2.4) but threats (3.7) are greater than opportunities (3.5) so that the strategy that will be carried out by the company by diversifying to face a number of tough challenges so that it is expected that the company will immediately expand the variety of its tactical strategies by expanding market segmentation.

 

Keywords: Strategy,  SWOT analysis, no industrial scale

References

Amstrong, Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi.. Jilid 2. PT. Prenhallindo, Jakarta

David. Fred R. 2002. Manajemen Strategi Konsep. PT. Prenhallindo, Jakarta

Tjiptono, 1997, Manajemen Jasa. Andi Yogyakarta

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2003. Strategi Bisnis Modern. Andy: Yogyakarta

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas.Jakarta

Lamb, W., Charles, Hair F., Joseph and McDaniel, Carl. 2001. Pemasaran. Edisi

Kelima, Salemba Empat, Jakarta

Prawirokusumo, Soeharto. 2000. Manajemen Strategik. Andi, Yogyakarta

Putong, Iskandar. 2003. Jurnal ilmiah Ekonomi & Bisnis vol. 8 no. 2, Penerbit Universitas Gunadarma, Jakarta

Rangkuti, F. 2005. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia

Pustaka Utama, Jakarta

Umar, Husein. 2001. Strategic Management in Action, Gramedia Pust

Downloads