PENGARUH PERILAKU KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT SUMBER BUMI GLOBAL NIAGA DI JAKARTA

Agung Kwartama(1*), Titis Ari Wibowo(2),


(1) Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
(*) Corresponding Author

Abstract


Sistem transportasi laut kini sedang mengalami kemajuan maka dari itu perusahaan pelayaran mengalami peran penting sebagai perusahaan yang menyediakan jasa transportasi laut baik untuk mengangkut manusia , barang , hewan dan tumbuhan. Peran perusahaan pelayaran juga mempengaruhi dalam proses kegiatan perekonomian negara. Dibutuhkannya armada-armada perkapalan adalah sebuah bukti bahwa telah terbukanya kesempatan untuk mengembangkan bisnis pelayaran.

Sistem charter pada pola operasional PT. Untuk memenuhi kontrak dalam perjanjian yang telah disepakati dengan charterer diperlukan operasional kapal yang baik. Operasional kapal yang baik ditentukan dengan performa kapal yang baik pula. Kapal yang digunakan salah satunya adalah kapal jenis bulk carrier. Kapal ini utamanya untuk membawa kargo curah seperti batu bara. Setiap organisasi, lembaga atau perusahaan memerlukan sumber daya manusia untuk mencapai tujuannya. Sumber daya diperlukan untuk menciptakan daya, gerakan, aktivitas, kegiatan dan tindakan di atas kapal atau perusahaan. Sumber daya tersebut berupa sumber daya alam, sumber daya finansial, sumber daya manusia, sumber daya ilmu pengetahuan dan sumber daya teknologi. PT. Sumbebumi Global Niaga adalah sebuah perusahaan keluarga yang berupaya untuk membangun sistem SDM yang kuat secara terpadu dan bertahap baik secara kuantitas dan kualitas, pada unit bisnis utama maupun pendukung, yang berorientasi pada human capital. Proses perekrutan dan seleksi crew/anak buah kapal Perilaku kerja adalah perilaku karyawan yang berhubungan dengan pekerjaannya, contohnya perilaku kerja, perilaku yang disyaratkan dalam prosedur kerja dan kerja sama, komitmen terhadap tugas, ramah pada pelanggan, dll. Perilaku kerja juga bisa meliputi inisiatif yang dihasilkan untuk memecahkan permasalahan kerja, seperti ide atau tindakan yang dihasilkan, serta mampu untuk membuat alternatif solusi demi memperlancar pekerjaan, agar dapat menghasilkan kinerja tinggi. Perilaku kerja merupakan suatu sikap dan perilaku yang berniat untuk menaati segala peraturan organisasi yang didasari ataskesadaran diri untuk menyesuaikan diri dengan peraturan organisasi atau perusahann. Kerja sama adalah keinginan untuk bekerja sama dengan orang lain secara kooperatif dan menjadi bagian dari kelompok. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja adalah dengan menciptakan perilaku kerja karyawan yang baik dengan pemberian motivasi pada kinerja karyawan yang tepat. Olehnya dibutuhkan sumber daya manusia yang terampil dan proaktif untuk mendukung faktor tersebut. Dalam suatu perusahaan, perilaku kerja merupakan fungsi operatif, karena semakin baik perilaku kerja karyawan, semakin tinggi prestasi kerja yang dapat dicapainya dan akan menciptakan karyawan yang berkualitas. Tanpa perilaku kerja karyawan yang baik, sulit bagi organisasi perusahaan untuk mencapai hasil yang optimal.


Full Text:

PDF

References


Irham Fahmi, Manajemen Kinerja Teori Dan Aplikasi (Bandung:Alfabeta,2013) h.2

Edy sutrisna, Manajemen Sumber Daya Manusia h.89-93

Ghozali, Imam, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Vol.100-125.

Irham Fahmi, Manajemen Kinerja Teori Dan Aplikasi (Bandung:Alfabeta,2013) h.2

Wilson Bangun,Manajemen Sumber Daya Manusia (Bandung:Erlangga,2012) h. 231

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.

Mangkunegara, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2011) h. 67

Wilson bangun,Manajemen sumber daya manusia, (Bandung:Erlangga, 2012) h. 234 Sumber Daya Manusia Teori,Aplikasi dan Pnelitian h.5

JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, Vol. 2, No. 1, Juni 2018: 1 – 22 Sadili, Samsudin. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Pustaka Setia

Robbins SP, dan Judge. 2007. Perilaku Organisasi, Salemba Empat, Jakarta.

Mathis, R. L dan Jackson, J. H. (2006). Human Resource Management. Terjemahan: Salemba Empat, Jakarta

Notoadmojo, S. (2007). Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineke Cipta. Rivai, V. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktek. Jakarta: Grafindo Persada.

Robbins, S. P. (2008). Perilaku Organisasi Edisi ke-12. Jakarta: Salemba Empat.


Abstract : 3 views. PDF : 2 views.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Index :