Analisis Peta Persepsi Pengguna Smartphone Pada Segmen Generasi Z

A.R. Arie Wicaksono(1*), Erick Lauren Ray(2), Joni Suwandi(3),


(1) Politeknik APP Jakarta
(2) Politeknik APP Jakarta
(3) Politeknik APP Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pengguna smartphone pada segmen generasi z. Dimana terdapat 6 merek smartphone yang ada dalam peneltian yaitu iphone, samsung, oppo, realme, vivo dan xiaomi. Keenam merek smartphone ini identik dengan yang digunakan oleh kalangan muda atau disebut juga generasi z (kelahiran 1997-2010). Tiap merek smartphone memiliki keunggulan tersendiri sehinga produk smartphone persaingannya sangat kompetitif. Atribut yang digunakan dalam penelitia ini terdiri dari desain produk, kualitas produk, spesifikasi produk, harga produk dan garansi. Pengujian untuk melihat peta persepsi pengguna smartphone menggunakan uji multidimensional scaling. Jumlah responden pada peneltiian ini berjumlah 164 responden yang merupakan orang yang masih menempuh pendidikan di level SMP, SMA dan perguruan tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa merek iphone memiliki keunggulan pada kualitas produk dan garansi, merek samsung memiliki keunggulan pada desain dan spesifikasi produk, sedangkan merek realme memiliki keunggulan pada atribut harga produk.

 

Kata kunci: Peta Persepsi, Smartphone, Generasi Z

 

 

ABSTRACT

 

The purpose of this study was to determine the perceptions of smartphone users in the generation z segment. Where there are 6 smartphone brands in the research, namely iPhone, Samsung, Oppo, Realme, Vivo and Xiaomi. The six smartphone brands are synonymous with those used by young people or also known as generation z (born 1997-2010). Each smartphone brand has its own advantages so that the competition for smartphone products is very competitive. The attributes used in this research consist of product design, product quality, product specifications, product price and warranty. Testing to see the perception map of smartphone users using the multidimensional scaling test. The number of respondents in this study amounted to 164 respondents who were people who were still studying at the junior high school, high school and college levels. The results showed that the iPhone brand has advantages in product quality and warranty, the Samsung brand has advantages in product design and specifications, while the Realme brand has advantages in the product price attribute.

 

Keywords:  Perceptual Map, Smartphone, Generation Z


Full Text:

PDF

References


Jurnal

A. K. Hakim and O. O. Sharif, “Analisis Positioning Smartphone Berdasarkan Persepsi Konsumen Di Indonesia ( Studi Pada Merek Samsung , Iphone , Blackberry , Nokia ) Smartphone Positioning Analysis Based On Consumer Perception In Indonesia ( Studies Of Samsung , Iphone , Blackberry And ,” vol. 4, no. 1, pp. 146–154, 2017.

F. M. Murti, “Analisis Positioning Smartphone Berdasarkan Persepsi Konsumen Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa,” J. Manaj., vol. 5, no. 1, 2016, doi: 10.26460/jm.v5i1.182.

Buku

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate, 9th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro, 2018.

S. Herlambang, Dasar-Dasar Pemasaran. Yogyakarta: Goysen Publishing, 2012.

P. Kotler, Marketing Management, 14th ed. USA: Pearson, 2012.

P. Kotler and G. Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, 13th ed. Jakarta: Erlangga, 2013.

Sugiyono, Statistika Untuk Peneltian. Bandung: Alfabeta, 2013.

F. Tjiptono, Manajemen & Strategi Merek. Yogyakarta: Andi, 2011.

H. Widjojo, Sari-Sari Pemasaran & Aplikasinya di Dunia Bisnis. Jakarta: Prasetya Mulia Publishing, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Index :