Analisis Efektivitas Program Fasilitasi Penumbuhan Wirausaha Baru Di Pondok Pesantren

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Renny Kurniawati
Indrani Dharmayanti
Intan Maria Lewiayu
Eko Pratomo
Budi Hartono

Abstract

ABSTRAK

(kosong satu spasi tunggal, 12 pt)

Sebagai upaya mendukung program santripreneur dalam menumbuhkan jiwa wirausaha, Kementerian Perindustrian melalui Direktoral Jenderal IKMA memberikan bantuan fasiltasi dalam bentuk pelatihan, bantuan alat dan pameran. Penelitian ini bertujuan mengukur efektivitas program fasilitasi tersebut, mengukur dampak program terhadap pengembangan usaha Pesantren dilihat dari tingkat produksi, omset, tenaga kerja dan pasar, serta menyusun rekomendasi penyempurnaan program dimasa mendatang. Survey dilakukan di 27 pesantren di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis persepsi, statistik deskriptif, analisis uji T serta analisis kualitatif. Dari hasil analisis dapat dikesimpulkan bahwa program sebagian besar terlaksana dengan lancar, dan memberikan manfaat. Bantuan telah mendorong terbentuk dan berkembangnya unit usaha di Pesantren. Peralatan selain untuk produksi, juga sebagian untuk media pembelajaran. Namun secara individual, sampai saat ini santri belum bisa membangun usaha mandiri sesuai pelatihan yang diikuti, karena tidak memiliki peralatan secara mandiri.  Program fasilitasi juga memberikan dampak positif yang signifikan terhadap penumbuhan dan pengembagan usaha Pesantren yaitu peningkatan produksi, omset, dan  tenaga kerja.  Namun aspek pasar sebagian besar belum berkembang, masih untuk lingkungan internal. Berdasar identifikasi permasalahan dan perumusan strategi, beberapa hal yang perlu dilakukan kedepan yaitu peningkatan komunikasi pemerintah dengan pesantren dalam penentuan jenis pelatihan maupun spesifikasi alat, proposal yang diajukan harus menggambarkan potensi pesantren,  peningkatan durasi pelatihan dan materi pelatihan lanjutan untuk peningkatan skill peserta, adanya pendampingan setelah pelatihan, memberi akses sumber bahan baku dan sparepart yang spesifik kepada pesantren. Diharapkan program ini dapat mewujudkan Pondok Pesantren mandiri dan menjadi kekuatan ekonomi saat santri kembali ke masyarakat.

(kosong satu spasi tunggal 10 pt).

Kata kunci:  Program Fasilitasi Penumbuhan Wirausaha Baru, Analisis Efektivitas dan Dampak, Santripreneur

(kosong satu spasi tunggal 10 pt)

ABSTRACT

(kosong satu spasi 12 pt)

To encorage santripreneur program, Directorate General of Small Medium and Miscellaneous Enterprises is actively facilitating the development of new entrepreneur through the program of providing machinery and production equipment, training, and exhibitions. This study aims to measure the effectiveness of New Entrepreneur Development Program in Islamic Boarding School and formulate some recommendations. The survey was conducted in 27 Islamic boarding schools. Perception and descriptive statistics, T test and qualitative analysis are used to obtain the result and recommendations. The results show that the programs are carried out smoothly and gain some benefits. There are a significant impact in establishing new business units, increasing production, turnover and manpower. However, the trainees have not been able to build businesses by themselves due to the lack of production equipment. Finally this study provides some recommendations could to be taken into consideration in improving of new entrepreneur development program.

 

Keywords:  New Entrepreneur Development Program, Effectiveness and Impact Analysis, Santripreneur

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Siaran Pers Kementerian Perindustrian (2020). (https://kemenperin.go.id/artikel/21413/Lulusan-Santripreneur-Binaan-Kemenperin-Lampaui-8-Ribu-Peserta), diakses 30 November 2020.
  2. Conor (1974). Monitoring Pekerjaan. Yogyakarta: Nur Cahaya.
  3. Issac, S. dan Michael, W.B. (1984). Handbook in Research and Evaluation for Education and Behavioral Sciences (2nd ed). San Diego: Edits Publisher
  4. Worthen, B.R. dan Sanders, J.R. (1979). Education Evaluation: Alternative Approach and Practical Guidelines. New York: Longman
  5. Handayaningrat, S (1994). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: CV. Haji Masagung
  6. Sudarsono (1994). Pengantar Ekonomi Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia
  7. Walpole, Ronald. (2005). Pengantar Statistika. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.