Strategi Peningkatan Produktifitas Gudang Manufaktur Dengan Menggunakan Metode SIX SIGMA, LEAN, DAN KAIZEN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
ABSTRAK
Sebuah perusahaan, baik itu perusahaan jasa maupun manufaktur memerlukan persediaan. Dengan adanya persediaan, tentunya permintaan pelanggan akan terpenuhi. Persediaan merupakan barang yang tersedia digudang untuk dijual atau dikelola di masa yang akan datang. Setiap persediaan memiliki jangka waktu penyimpanan yang berbeda, maka dari itu pengaturan persediaan merupakan hal yang penting diperhatikan karena sangat penting dalam menunjang sebuah usaha.
PT Asmar Partogi merupakan perusahaan yang bergerak dibidang komponen otomotif. PT Asmar Partogi mempunyai gudang penyimpanan suku cadang (spare part). Gudang tersebut berfungsi untuk memenuhi kebutuhan spare part instansi atau perusahaan yang menggunakan jasa perusahaan. Dalam pengamatan pada gudang PT. Asmar Partogi, hambatan atau kendala yang ditemukan pada aktivitas penyimpanan adalah penataan barang yang kurang. Hal ini ditandai dengan adanya spare part yang tidak berfungsi disimpan didalam gudang tercampur dengan spare part yang masih mengalami perputaran. Masalah tersebut dapat mengakibatkan sulitnya pencarian spare part yang dibutuhkan karena harus memilah. Berdasarkan latar belakang diatas penulis mengambil judul penelitian yaitu "Strategi Peningkatan Produktifitas Gudang Manufaktur Dengan Menggunakan Metode Six Sigma, Lean, dan Kaizen”.
Kata kunci: Kaizen, 5S, lean
ABSTRACT
Companies, be they service companies or manufacturing companies, need inventory. With this supply, of course, customer demand will be fulfilled. Inventory is goods that are available in warehouse for sale or management in the future. Each inventory has a different storage period, therefore inventory management is an important thing to pay attention to because it is very important in supporting a business.PT Asmar Partogi is a company engaged in automotive components. PT Asmar Partogi has a spare part storage warehouse. The warehouse serves to meet the spare part needs of agencies or companies that use company services. In observations at the warehouse of PT. Asmar Partogi, the constraints or constraints found in storage activities are the lack of arrangement of goods. This is indicated by the existence of spare parts that are not functioning properly stored in the warehouse mixed with spare parts that are still rotating. This problem can make it difficult for you to find the parts you need because you have to sort them out. Based on the above background, the authors took the research title, namely "Strategy for Increasing Productivity of Manufacturing Warehouses with Six Sigma, Lean, and Kaizen Methods".
Keywords: Kaizen, 5S, lean
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Agrell, Per J. (1995).Six sigma for application in service industry.International journal industrial engineering. 41, 59-70
- Al Faritsy, A. Z., & Suseno, S. (2015). Peningkatan Produktivitas Perusahaan dengan Menggunakan Metode Six Sigma, Lean dan Kaizen. J@ ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 10(2), 103-116.
- Braglia, Marcello, Andrea Grassi, (2007). Goal improvement using six-sigma. Journal of Industrial Engineering, 10 910) 55-65.
- Dasig Jr, D. (2017). A frontier in organizational and business process innovation in service management through lean six sigma Kaizen project implementation. Journal of Administrative and Business Studies, 3(6), 263-283.
- George, Michael L.; Maxey, John; Rowlands, David T.; Price, Mark. (2005). The Lean Six Sigma Pocket Tool Book : a quick reference to nearly 100 tools for improving process quality, speed, and complexity. McGraw – Hill, New York.
- Hayler, Rowland; Nichols, Michael. (2005). What is Six Sigma Process Management. McGraw-Hill, New York.
- Hendradi, C.Tri. (2006). Statistik Six Sigma dengan Minitab : Panduan Cerdas Inisiatif Kualitas 6σ. Penerbit Andi. Yogyakarta.
- Siregar, M. T., & Puar, Z. M. (2018). Implementasi Lean Distribution Untuk Mengurangi Lead Time Pengiriman Pada Sistem Distribusi Ekspor. Jurnal Teknologi, 10(1), 1-8.
- Siregar, M. T., & Ayu, N. W. (2019). Lean Distribution untuk Minimasi Keterlambatan Pengiriman Produk Susu. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, 5(3), 261-272.
- Mathiassen, Lars; Munk-Madsen, Andreas; Nielsen, Peter Axel; Stage, Jan. (2000).Object Oriented Analysis & Design. Marko Publishing ApS, Denmark.
- Pande, Peter S; Neuman, Robert P.; Cavanagh, Roland R. (2003).The Six Sigma Way :Bagaimana GE, Motorola dan Perusahaan Terkenal lainnya Mengasah KinerjaMereka. Edisi ke-2. Penerbit Andi, Yogyakarta.
- Pande, Peter S; Holpp, Larry. (2005). What is Six Sigma? Penerbit Andi, Yogyakarta
- Pyzdek, Thomas. (2002). The Six Sigma Handbook. Salemba Empat, Jakarta.
- Pyzdek, Thomas. (2002). The Six Sigma Handbook : A Complete Guide for Green Belts,Black Belts, and Managers at All Level.. McGraw-Hill, New York.
- Pyzdek, Thomas. (2003). The Six Sigma Project Planner. McGraw-Hill, New York.