BARCODE SISTEM DALAM PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN JASA PENGIRIMAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN
Abstract
Dengan peningkatan jumlah penduduk negara Indonesia setiap tahun lebih dari 1,74 % saat ini dengan total jumlah penduduk lebih 270,200,000 ( Berdasarkan data BPS 2020 ) maka tingkat konsumsi barang dan jasa sangatlah besar dalam perkembangannya. Hal ini menjadi pasar yang mengiurkan buat perusahaan yang bergerak di bidang produksi jasa dan konsumsi, ditambah dengan letak geografis serta penduduk dengan pulau-pulau lebih dari 16,684 yang sudah teridentifikasi ( Berdasarkan data Kementrian dalam negeri 2020). Sehingga peran transportasi pengangkutan baik melalui darat, laut dan udara sangat berkembang setiap tahun.
Mengingat persaingan bisnis jasa pengiriman barang mengharuskan perusahaan mempersiapkan diri sebaik mungkin jika masih ingin mempertahankan eksistensi dalam dalam pasar saat ini dengan perusahaan sejenis lainnya. Semakin tinggi kebutuhan masyarakat akan jasa pengiriman barang, membuat banyak perusahaan yang bergerak di bidang jasa ini berlomba agar kualitas jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut lebih unggul dibandingkan dengan perusahaan sejenis. Jasa pengiriman barang atau jasa ekspedisi akan terus diminati setiap saat oleh kalangan masyarakat di Indonesia, terutama pada zaman yang canggih ini. Kemajuan teknologi di era globalisasi cenderung membuat masyarakat menyukai segala seuatu yang mudah dan praktis. Bisnis jasa mengirimkan barang berhubungan dengan hal keterjangkauan wilayah. Jasa pengiriman akan menjadi solusi bagi mereka yang menyukai kemudahan dan kepraktisan dalam mengirimkan barang, selain itu jasa pengiriman juga dirasa sangat efektif dan efisien. Banyaknya masyarakat yang mengirim barang menjadikan jasa pengiriman sangat penting bagi masyarakat. Jarak antara pengirim dan penerima semakin tak terbatas dan jarak tersebut dapat dijembatani oleh jasa pengiriman.
References
Akbar, R., & Kamil, H. (2017). Development of Sales Application of Prepaid eEectricity Voucher Based on Android Platform Using Quick Response Code (QR code). Jurnal Informatika.
AlKurdia, Barween; Muhammad Alshuridehb and Ahmad Alnasera (2020) The impact of employee satisfaction on customer satisfaction: Theoretical and empirical underpinning. Management Science Letter, Val 10 page 3561-3570
Arifudzaki, B., Somantri, M., & FR, A. (2010). Aplikasi Sistem Informasi Persediaan Barang pada Perusahaan Ekspor Hasil Laut Berbasis WEB.
Arif Ramdhani. 2011,Penilaian Kinerja. PT. Sarana Panca Karya Nusa, Bandung.
Cepi Priatna. 2015, Perilaku Organisasi. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Faisal dan Muhammad Azmi fauzan Anas ( 2020) Pemanfaatan Kode QR pada Peningkatan Pelayanan dan Kepuasan pelanggan pada Restoran , Jurnal Instek, Vol 5 No 1 Hal, 111-120 P–ISSN 2541-1179, E-ISSN 2581-1711. http://journal.uin-alauddin.ac.id/ index.php/instek/ index
Hossain, Md Shamim ; Xiaoyan Zhou and Mst Farjana Rahman (2018) Examining the impact of QR codes on purchase intention and customer satisfaction on the basis of perceived flow, International Journal of Engineering Business Management , Vol 10, Page 1-11. https://doi.org/10.1177/1847979018812323
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Kotler dan Gary Amstrong. (2018). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan.Jakarta: Erlangga.
Robbbins dan Judge. 2007. Perilaku Organisasi, Buku 1 dan 2. Jakarta : Salemba Empat
Setyo, Purnomo. Edwin. 2017. Pengaruh Kualitas produk dan harga terhadap kepuasaan konsumen "Best Autoworks.” Jurnal Manajemen, 1, 755–764.
Wahyono, T. 2010. Membuat Sendiri Aplikasi dengan Memanfaatkan Barcode. Jakarta: PT Elex
Media Komputindo.
Widiana, Erna, Muslichah. (2010). Dasar-Dasar Pemasaran, Karya Putra Darwati, Bandung
Hafizha, Salma; Abdurrahman dan Hanifa Sri Nuryani (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Tarif Pengiriman, dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express(StudiKasus pada Pelanggan J&T Express Cabang Kota Sumbawa Besar). Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 2 no.1.https://doi.org/10.37673/jmb.v2i1.266