PENGARUH CONTENT MARKETING TERHADAP MINAT PENGGUNAAN FITUR HOME OF TALENT PADA APLIKASI RCTI+ (PT MNC DIGITAL INDONESIA) DI JAKARTA

christian kuswibowo(1*), irma nurul laily(2),


(1) Politeknik APP Jakarta
(2) Politeknik APP Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh content marketing terhadap minat penggunaan fitur home of talent pada aplikasi RCTI+ di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 110 responden yang merupakan pengguna fitur home of talent pada aplikasi RCTI+ dan berdomisili di Jakarta. Metode dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji T. Uji validitas menyatakan bahwa setiap indikator yang ada pada variabel penelitian ini dinyatakan valid karena memiliki nilai rhitung lebih besar dari rtabel yaitu nilai rhitung yang dihasilkan memiliki nilai lebih dari 0,1874. Hasil uji relibilitas untuk kedua variabel yaitu reliabel karena memiliki nilai Cronbach’s Alpha>0,6.  Nilai Cronbach’s Alpha minat penggunaan (Y) yaitu 0.729 >0.6 dan nilai Cronbach’s Alpha minat penggunaan (Y) yaitu 0.729 >0.6. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa variabel bebas yakni content marketing berpengaruh positif terhadap variabel terikat yakni minat penggunaan. Sehingga didapat persamaan regresi Y = 2,480 + 0,646 X. Nilai konsisten dari variabel minat penggunaan (Y) yaitu 2,480 dan Nilai konstanta dari hasil pengujian regresi tersebut yaitu sebesar 0,646. Hasil uji T menyatakan bahwa variabel content marketing berpengaruh signifikan terhadap variabel minat penggunaan, karena nilai t hitung > t tabel atau 10.661 > 1.982 dengan nilai Sig. 0.000 kurang dari 0.05.

 

Kata kunci: Content Marketing, Minat Penggunaan, Home of Talent, RCTI+

 


Full Text:

PDF-FULL TEXT

References


Hawkins, Del I. dan David L. Mothersbaugh. (2013). Consumer Behaviour. New York: McGrawHill International Edition.

Schiffman dan Kanuk. (2008). Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks

Stanton, W. J. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Buku Seru.

Carthy, E. Jerome Mc. (2002). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Khairani, Makmun. (2014). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Michael Gerard. (2016). Content Marketing Statistics: The Ultimate List

Lieb, Rebecca with Jaimy Szymasnki. (2017). Content The Atomic Particle Of Marketing. London: Kogan Page.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler dan Amstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Fandy Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4: Andi.

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Alma, Buchari. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.

Assauri, Sofjan. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers

Chairina Debika Amalia. (2020). Pengaruh Content Marketing di Instagram Stories @LCHEESEFACTORY Terhadap Minat Beli Konsumen, Jurnal Online Mahasiswa FISIP, Universitas Riau, Vol. 7, No 1. 1-11

Naufal Muzakkii, Rahmat Hidayat, SE., MM. (2021) Pengaruh Content Marketing Instagram terhadap Minat Beli Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Sarawa.Co)., e-Proceeding of Applied Science Vol 7 No. 1, 1-9.


Abstract : 56 views. PDF-FULL TEXT : 86 views.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Index :