ANALISIS PROSEDUR IMPOR DAN PROSES BONGKAR SIRUP GLUKOSA PADA PT. BONBON INDONESIA

graciamei vanessa tambunan(1*), dedi Febrianto(2),


(1) Binus University
(2) Politeknik APP Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Studi ini bertujuan untuk menganalisis Standar Operasional Prosedur (SOP), hambatan serta solusi penanganan prosedur impor dan proses bongkar sirup glukosa dari Tiongkok pada PT. Bonbon Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui survei lapangan, wawancara dan studi Pustaka. Data yang berhasil dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil dari studi ini mengungkapkan bahwa proses impor dan bongkar sirup glukosa yang dijalankan pada PT. Bonbon Indonesia dilakukan dengan baik dan sesuai dengan kenyataan di lapangan. Namun, terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaanya, yaitu keterlambatan dokumen impor asli, kesalahan dokumen impor, modul PIB tidak menunjukan respon, truk yang mogok, dan sirup glukosa yang tidak sesuai standar. Adapun solusi yang dilakukan terhadap hambatan ini adalah penyesuaian jadwal pengiriman dengan hari kerja di negara eksportir, konfirmasi kesesuaian dokumen impor dengan divisi pembelian, pembaharuan sistem modul PIB dan penyediaan jaringan internet khusus, penandatanganan kontrak perjanjian, dan pemeriksaan sirup glukosa di negara eksportir. Untuk meminimalisasi permasalahan terjadi di masa mendatang, disarankan kepada PT. Bonbon Indonesia untuk melakukan pemeriksaan kalender hari libur milik supplier, melakukan pemeriksaan ulang dokumen impor dari pihak supplier sirup glukosa, melakukan pembaharuan sistem pengaplikasian modul PIB, meminta PPJK untuk memberikan armada pengangkut yang optimal, dan melakukan pemeriksaan sirup glukosa di negara eksportir. Studi ini diharapkan bermanfaat bagi perusahaan sebagai masukan untuk peningkatan kinerja perusahaan dalam bidang impor dan bahan referensi bagi pembaca.

 

Kata kunci: SOP, Impor, Bongkar, Sirup Glukosa, PT. Bonbon Indonesia

 


Full Text:

PDF-FULL TEXT

References


Berata, I. K. (2014). Panduan Praktis Ekspor Impor. Raih Asa Sukses.

Fatihudin, D. (2015). Metodologi Penelitian Untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi: Dari Teori Ke Praktek. Zifatama Publishing.

Hadiarianti, V. S. (2019). Langkah Awal Memahami Hukum Perdagangan Internasional Dalam Era Globalisasi. Penerbit Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Jafar, M. (2015). Kepabeanan Ekspor-Impor. Pro Insani Cendekia.

Kepabeanan, Pub. L. No. Pasal 1, No.10 Undang-Undang (1995).

Lasse, D. (2014). Manajemen Kepelabuhan. Pro Insani Cendekia.

Meindiras, T. F. (2018). Analisis Bongkar Peti Kemas Impor Pda Kerja Sama Operasional Terminal Peti Kemas Koja [Tugas Akhir Program Studi Perdagangan Internasional]. Politeknik APP Jakarta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supardi, E. (2019). Ekspor Impor: Teori Dan Praktikum Kegiatan Ekspor Impor Untuk Praktisi Logistik Dan Bisnis. CV Budi Utama.

Tarjo. (2019). Metode Penelitian Sistem 3X Baca. Deepublish.

Waridah, E. (2017). Kamus Bahasa Indonesia. Bmedia.


Abstract : 55 views. PDF-FULL TEXT : 21 views.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Index :