ANALISIS ELEMEN-ELEMEN VISUAL DAN FOTOGRAFI PADA SOSIALMEDIA INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI MASA PENDEMI COVID-19 (STUDI KASUS TANIHUB INDONESIA)

aji kresno murti(1*), christian kuswibowo(2),


(1) Politeknik APP Jakarta
(2) Politeknik APP Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan analisis yang bertujuan untuk mendeskripsikan elemen visual dan fotografi yang diposting oleh Tanihub pada periode sebelum dan disaat pendemi COVID-19. Analisis mengambil dari sampel pada konten social media Instagram pada bulan juli tahun 2019 dan bulan oktober 2020. Dianalisis dari teknik fotografi,elemen visual serta strategi periklanan yang digunakan. Berdasarkan hasil analisis konten diperoleh hasil bahwa sebelum pendemi lebih mengutamakan unsur fotografi dan menekankan pada informasi produk. Konsep yang digunakan adalah teknik informing dan reminding. Untuk daya Tarik menggunakan strategi competitive advantage dan favorable price appeal. Sedangkan untuk posting dimasa pendemi menggunakan unsur elemen visual berupa bidang geometri dan non geometri. Menambahkan karakter kartun bu Teha sebagai mascot dan menggunakan konsep informing dengan pendekatan gaya hidup konsumen.

 


Kata kunci : social media, fotografi, elemen visual.


 


Full Text:

PDF-FULL TEXT

References


Anggraini, Lia & Kirana Nathalia. 2014. Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Untuk Pemula. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.

Antony, Mayfield. 2008. What is Social Media?. London: iCrossing.

Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita

Clow, Kenneth E. dan Donald Baack. 2014. Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communications (sixth edition). London : Pearson Education.

Diamond, Stepahie. 2015. The Visual Marketing Revolution: 26 Kuat Sukses Pemasaran di Media Sosial. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta

Fandy Tjiptono, 2008 .Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset

George, Belch E & Michael A Belch. 2001. Advertising And Promotion : An Integrated Marketing

Communications Perspective. 12th edition. McGraw Hill

Haley, Allan: Richard Poulin, Jason Tselentis, Tony Seddon, Gerry Leonidas, Ina Saltz, Kathryn Henderson, dan Tyler Alterman. 2012. Typography Referenced: a Comprehensive Visual Guide to the Language, History, and Practice of Typography. Massachusetts, USA: Rockport Publishers, a member of Quayside Publishing Group.

Kartono, Gamal dan Sembiring Dermawan.Tipografi Dalam Desain Komunikasi Visual . Medan : Al-Hayat. Maryanto, Rusmanto. 2017. Pengantar Digital Marketing: Modul Praktikum Manajemen Pemasaran Berbasis IT.

Jakarta: Rusmanto Self-publishing.

Nugroho, Sarwo. 2015. Manajemen Warna dan Desain.

Yogyakarta: CV Andi Offset.

Rustan, Surianto. 2017. Layout dasar dan penerapannya (5th ed.) Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama

Strauss, Judy, dan Raymond Frost. 2012. E-Marketing (6th ed.). United States of America : Pearson Education, Inc.

Streisel, J. 2007. High School Journalism: A Practical Guide. North Carolina: McFarland & Company Inc Swasty, Wirania 2010. A-Z Warna Interior Rumah

Tinggal. Depok : Penerbit Griya Kreasi

Jurnal:

Ariani, Angela dan Banjarnahor . 2018.Pengaruh Tampilan dan Konten Terhadap Efektivitas Promosi Melalui Website Pada PT.Elegant Tour and Travel Medan.Jurnal Media Wisata, 2 (16) 1038-1053.

Irene Hasian, Irsya Putri 2021 Analisis Elemen Desain Grafis Dari Visual Konten Instagram (Indonesia Tanpa Pacaran) Ditinjau Dari Teori Retorika. Jurnal Magenta.

Ramadita Fetrianggi, Intan Rizky Mutiaz, Dian Widiawati.(2017) Analisis Elemen Visual Pada Promosi Busana Muslimah Di Instagram (Studi Kasus Merek Hijab Juniper Lane, Zaha, dan Zysku Xena di Bandung). Jurnal Madania.

Rizki Yantami Arumsari, Jiwa Utama 2018 Kajian Pendekatan Visual Iklan Pada Instagram.Juenal Bahasarupa.

Saragih, Andriani Lisa, dan Zulkifli. 2019. Analisis Kerajinan Souvenir Diorama Berbahan Limbah Pada Pengrajin Dikraf Berdasarkan Prinsip-Prinsip Desain. Gorga Jurnal Seni Rupa, 8(1), 273-277.

Saveria, Rachael Abigail. 2016. Analisis Digital Marketing dalam Strategi Integrated Marketing Communication Kampanye Politik (Studi Kasus Komunitas Teman Ahok). Skripsi sarjana pada Universitas Indonesia: tidak dipublikasikan.


Abstract : 112 views. PDF-FULL TEXT : 98 views.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Index :