ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PREFERENSI KONSUMEN YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN FAST FOOD DI MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS PADA PELANGGAN RESTORAN KFC)

erick lauren ray(1*), I nyoman wirya artha(2), erlita khrisinta dewi(3),


(1) Politeknik APP Jakarta
(2) Politeknik APP Jakarta
(3) Politeknik APP Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor preferensi konsumen yang mempengaruhi keputusan pembelian makanan fast food. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis faktor dan analisis regresi. Sampling pada penelitian berjumlah 73 orang dengan kategori konsumen wanita yang sudah memiliki penghasilan. Studi kasus dalam penelitian ini adalah konsumen restoran Kentucky Fried Chicken (KFC) yang berada di wilayah Jakarta. Pada penelitian ini, atribut yang digunakan untuk mengidentifikasi faktor preferensi konsumen makanan fast food adalah harga, kualitas pelayanan, merek, tangible, kualitas makanan dan iklan. Penelitian ini menghasilkan enam faktor pembentuk antara lain faktor 1 (tampilan fisik), faktor 2 (kehandalan), faktor 3 (cita rasa), faktor 4 (attention), faktor 5 (harga), dan faktor 6 (responsif). Dari keenam faktor yang terbentuk, faktor dominan untuk aspek tampilan fisik adalah protokol kesehatan yang dijalankan pada masa pandemik, pada aspek kehandalan adalah penyajian makanan yang bersih dan higienis, pada aspek cita rasa adalah variasi menu yang beragam, pada aspek attention adalah top of mind produk KFC, pada aspek harga adalah keterjangkaun harga produk KFC dan pada aspek responsif adalah makanan disiapkan dengan cepat. Faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian adalah faktor kehandalan.

 

Kata kunci: Analisis Faktor, Preferensi Konsumen, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF-FULL TEXT

References


H. S. Athar and L. F. Josman, “Foreign Tourist’s Food Preferences in Lombok: A Qualitative Research in Customer Behaviour,” Dinasti Int. J. Digit. Bus. Manag., vol. 1, no. 3, 2020, doi: https://doi.org/10.31933/dijdbm.v1i3.254.

S. Hartini and L. Hartati, “Analisis Preferensi Masyarakat Terhadap Restoran Cepat Saji Di Kota Bogor,” JIMFE (Jurnal Ilm. Manaj. Fak. Ekon., vol. 3, no. 1, pp. 16–28, 2017, doi: 10.34203/jimfe.v3i1.436.

Y. Harwani and F. Fauziyah, “Keputusan Pembelian Konsumen Gerai Makanan Cepat Saji Ditinjau dari Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Iklan,” Bus. Econ. Commun. Soc. Sci. J., vol. 2, no. 3, pp. 285–291, 2020, doi: 10.21512/becossjournal.v2i3.6659.

A. F. Preferensi, P. Dan, and A. Erinda, “( Studi Terhadap Pelanggan keputusan pembelian),” vol. 30, no. 1, pp. 87–95.

C. R. Rahardjo, “Faktor Yang Menjadi Preferensi Konsumen Dalam Membeli Produk Frozen Food,” J. Manajemendan Start-Up Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 32–43, 2016.

Buku

P. Kotler, Marketing Management, 14th ed. USA: Pearson, 2012.

P. Kotler and G. Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, 13th ed. Jakarta: Erlangga, 2013.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate, 9th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro, 2018.

Sugiyono, Statistika Untuk Peneltian. Bandung: Alfabeta, 2013.

Skripsi

A. Kuncahyaningtyas, “Preferensi Mahasiswa dalam Mengkonsumsi Makanan Indonesia pada Program Studi Pendidikan Teknik Boga Universitas Negeri Yogyakarta,” Skripsi, pp. 1–71, 2016.

Artikel dari internet:

BPS, “Ekonomi Indonesia 2020 turun sebesar 2,07 persen,” 2020, 2020. https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/02/05/1811/ekonomi-indonesia-2020-turun-sebesar-2-07-persen--c-to-c-.html.

FAST, “Laporan Tahunan 2019 PT Fast Food Indonesia Tbk,” 2019.


Abstract : 357 views. PDF-FULL TEXT : 325 views.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Index :