MODEL TRANSPORTASI PENGIRIMAN PRODUK PERISHABLE DENGAN MULTI KENDARAAN
Downloads
Keywords: perishable product; deterioration; time window; modified Dijkstra algorithm
Abstrak : Menurut teori Graf, penentuan rute terpendek merupakan suatu persoalan mencari lintasan antara dua buah simpul pada graf berbobot untuk mendapatkan jumlah bobot yang paling minimum. Permasalahan penentuan rute terpendek disebut juga masalah optimasi.Beberapa algoritma telah dikembangkan dalam pemecahan masalah ini. Setiap algoritma memiliki cara yang berbeda dalam menyelesaikan suatu permasalahan tertentu. Pada penelitian ini, dilakukan pengembangan algoritma untuk menentukan lintasan kritis dari satu titik asal ke satu titik tujuan pada suatu jaringan untuk pengiriman produk perishable dan dibatasi jendela waktu dengan meminimumkan total biaya sekaligus pemilihan jenis kendaraan yang akan digunakan untuk pemecahan masalah. Algoritma yang dikembangkan adalah Algoritma Dijkstra. Tahapan awal pengembangan algoritma adalah memodifikasi jaringan dari masalah yang diteliti dengan cara membuat replikasi jaringan. Tahapan kedua adalah membuat langkah pemecahan masalah untuk meminimumkan total biaya yaitu biaya tetap, biaya variabel, biaya pergantian kendaraan, biaya deteriorasi dan biaya tunggu dengan modifikasi Algoritma Dijkstra. Modifikasi Dijkstra dilakukan karena permasalahan yang diteliti tidak bisa dimodelkan secara matematis. Pengujian algoritma menggunakan contoh numerik dengan data hipotetik.
Kata kunci: produk perishable; deteriorasi; jendela waktu; modifikasi Algoritma Dijkstra.
Downloads
J. Chen, M. Dong dan L. Xu, "A perishable product shipment consolidation model considering freshness - keeping effort,” Transportation Research Part E, pp. 56-86, 2018.
L. Trihardani, Pengembangan Model Distribusi Produk Perishable Multi Temperatur dengan Mempertimbangkan Biaya Energi, Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November, 2011.
A. T. Atmojo, Desain Konseptual Pola Pengangkutan Sayur Antar Pulau, Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2010.
A. Nazemi dan F. Omdi, "An efficient dynamic model for solving the shortest path problem,” Transportation Research part C, vol. 26, pp. 1-19, 2013.
Z.-J. Ma, Y. Wu dan Y. Dai, "A combined order selection and time-dependent vehicle routing problem with time widows for perishable product delivery,” Computer & Industrial Engineering, vol. 114, pp. 101-113, 2017.
I. Sartika, Pengembangan Model Rantai Pasok Produk Mudah Rusak dengan Mempertimbangkan Kualitas, Jakarta: Institut Pemerintahan Dalam Negeri, 2009.
H.-K. Chen, C.-F. Hsueh dan M.-S. Chang, "Production scheduling and vehicle routing with time windows for perishable food products,” Computer & Operation Research, vol. 36, no. 7, pp. 2311-2319, 2009.
N. Moungla, L. Letocart dan A. Nagih, "An improving dynamic programming algorithm to solve shortest path problem with time window,” Transportation Research, pp. 931-938, 2010.
F. P, G. F, L. D dan M. R, "Solving the shortest path tour problem,” European Journal of Operational Research, vol. 230, no. 3, pp. 464-474, 2013.
W. Hu, A. Toriello dan M. Dessouky, "Integrated inventory routing and freight consolidation for perishable goods,” European Journal of Operational Research, vol. 271, no. 2, pp. 548-560, 2018.
JMIL Jurnal Manajemen Industri dan Logistik (Journal of Industrial and Logistics Management) is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in JMIL Jurnal Manajemen Industri dan Logistik agree to the following terms:
JMIL Jurnal Manajemen Industri dan Logistik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JMIL Jurnal Manajemen Industri dan Logistik in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JMIL Jurnal Manajemen Industri dan Logistik are required to cite the original source, including the author's names, JMIL Jurnal Manajemen Industri dan Logistik as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant JMIL Jurnal Manajemen Industri dan Logistik the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.