PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI

Andhi Sukma Hanafi (Universitas Syah Kuala), Chairil Almy (Management and Science University), M. Tirtana Siregar (Politeknik APP)

Abstract


Gaya kepemimpinan merupakan gaya yang digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin organisasi dengan menggunakan sumber daya yang ada dalam organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Sumber daya manusia merupakan salah satu sumber daya yang ada dalam organisasi yang dapat dimanfaatkan pemimpin untuk pencapaian tujuan organisasi. Pegawai merupakan sumber daya manusia yang dapat dimanfaatkan oleh seorang pemimpin dalam mencapai tujuan organisasi. Dalam melaksanakan tugasnya dalam pencapaian tujuan organisasi, dapat diukur dengan tingkat kinerjanya. Tingkat kinerja merupakan perbandingan antara sasaran kerja yang ditetapkan dengan produktifitas kerja pegawai. Selain hal yang tersebut diatas, motivasi kerja juga sangat mempengaruhi perilaku pegawai dalam melaksanakan tugasnya yang berpengaruh terhadap tingkat kinerja. Motivasi kerja pegawai dipengaruhi dari internal dan eksternal. Salah satu pengaruh eksternal untuk peningkatan motivasi kerja pegawai berasal dari seorang pemimpin dalam menjalankan gaya kepemimpinannya. Gaya kepemimpinan yang sesuai dengan organisasi akan berpengaruh terhadap tingkat motivasi kerja pegawai, sehingga secara signifikan dapat meningkatkan kinerja pegawai dalam suatu organisasi.


Keywords


gaya kepemimpinan, motivasi kerja, kinerja pegawai

Full Text:

PDF
Abstract views : 0 | PDF views : 0

References


Pee, L. G. Dan Lee, J. (2015). Intrinsically motivating employees’ online knowledge sharing: Understanding the effects of job design. International Journal of Information Management, 35, 2015, 679-690.

Riyadi, S. (2011). Pengaruh kompensasi finansial, gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada perusahaan manufaktur di jawa timur. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.13, No.1, 2011, 40-45

Rizka, N. Yusuf, R. Majid, M.S.A. (2015). Pengaruh struktur organisasi dan analisis jabatan terhadap motivasi kerja dan dampaknya pada kinerja sekretariat Majelis Permusyawaran Ulama (MPU) Aceh. Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, ISSN 2302-0199, pp 1-9.

Somech, A. (2006). The effect of leadership style on performance improvement on a manufacturing task. Journal of Business, Vol. 72

Syafi’i, L. I. Thoyib, A. Nimran, U. Djumahir (2015). The Role of Corporate Culture and Employee Motivation as a Mediating Variable of Leadership Style related with the Employee Performance (Studies in Perum Perhutani). Procedia-Social and Behavioral Sciences, 211, 2015, 1142-1147.

Safuan. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia Berjiwa Kepemimpinan Wirausaha Dalam Menghadapi Tantangan Global. Jurnal Manajemen Industri dan Logistik, 2017, ISSN 2598-5795, p89-96.

Taghipour, A. dan Dejban, R. (2013). Job Performance: Mediate Mechanism of Work Motivation. Procedia-Social Behavioral Sciences, 84, 2013, 1601-1605.

Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 98 /M-IND/PER/11/2015 tentang Mekanisme Pemberian Tunjangan Kinerja Bagi Pegawai di Lingkungan Kementerian Perindustrian.

Amstrong, M. (1999). Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Sofyan dan Haryanto. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gelora Penerbit Erlangga.

Dessler, G. (2007). Manajemen Personalia. Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Hasibuan, M.S.P. (2007). Manajemen SDM. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Habsari, A.R. (2008). Terobosan Kepemimpinan. Yogyakarta : Med Press.

Ivancevich. (2008). Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta : Erlangga

Kartono, K. (2006). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali.

Mangkunegara, A. P. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mathis, R.L. & J.H. Jackson. (2006). Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat.

Nurlaila. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia I. Ternate: LepKhair.

Prawirosentono, S. (1999). Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE.

Rivai, V. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Robbins, S.P. (2006). Perilaku Organisasi. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Siregar, M. T., & Puar, Z. M. (2018). IMPLEMENTASI LEAN DISTRIBUTION UNTUK MENGURANGI LEAD TIME PENGIRIMAN PADA SISTEM DISTRIBUSI EKSPOR. Jurnal Teknologi, 10(1), 1-8.

Siswanto, H.B. (2010), Pengantar Manajemen. Bandung: Bumi Aksara.

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia : Teori, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta : Salemba Empat.

Hijri, S. (2016), Pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap motivasi kerja serta dampaknya pada kinerja pegawai Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Aceh Barat. Tesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Universitas Syiah Kuala.

Musliyadi. (2015). Pengaruh insentif, motivasi, lingkungan kerja dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai serta dampaknya pada kinerja badan layanan umum daerah rumah sakit umum Thk. Chik Ditiro Sigli Aceh. Tesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Universitas Syiah Kuala.

Sulaiman. (2013). Pengaruh gaya kepemimpinan dan gaya komunikasi terhadap kinerja pegawai serta dampaknya pada kinerja Sekretariat Daerah Kabupaten Pidie Jaya. Tesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Universitas Syiah Kuala.

Yakub, S. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Struktur Organisasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai serta dampaknya pada Efektivitas Organisasi Kantor Pos Banda Aceh. Tesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Universitas Syiah Kuala




DOI: http://dx.doi.org/10.30988/jmil.v2i1.71

Refbacks



Copyright (c) 2018 JURNAL MANAJEMEN INDUSTRI DAN LOGISTIK

 
 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Industri dan Logistik Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 
View My Stats